top of page
  • Vicharius DJ

Menengok Karya Desain Komunikasi Secara Lebih Praktis


Desain komunikasi visual sebagai bidang ilmu yang kompleks kini telah menghadapi tantangannya di masyarakat. Dengan kompentensi kemampuan seni, teknologi dan ilmu-ilmu lain yang dapat saling berintegrasi membuat desain komunikasi visual mempunyai ruang positif tersendiri, unik dan berbeda dari ilmu-ilmu lain yang hadir di Indonesia.

Meskipun ilmu desain komunikasi visual ditempatkan sebagai suatu ilmu terapan, justru menjadi tantangan sendiri bagi Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI. Mereka ingin membuktikan integrasi ilmu desain komunikasi visual dengan bidang ilmu lain agar dapat bermanfaat bagi masyarakat, lembaga dan Negara Republik Indonesia. Kolaborasi antar bidang inilah yang dipraktikan langsung oleh mahasiswa tugas akhir Desain Komunikasi Visual Universitas Indraprasta PGRI dalam pameran yang bertajuk Gandrung; Pameran 110 Karya Desain Tugas Akhir Mahasiswa DKV Unindra.

Beragam informasi tentang bidang studi Sejarah, Pariwisata, Seni dan Budaya, Kesehatan, Sosial, Industri Kreatif hingga Lingkungan Hidup dikelola secara apik dan cermat oleh mahasiswa DKV Unindra. Karya desain yang telah diciptakan pun memuat pesan yang semudah mungkin dapat dicerna oleh masyarakat. Luaran karya desain seperti film animasi 2D/3D, Motion Comic, Infografis Animasi, Film Dokumenter, Iklan Layanan Masyarakat, Buku Informasi, Buku Foto maupun Ilustrasi dikemas sangat apik oleh mahasiswa dengan dasar penelitian ilmiah. Model karya desain dengan integrasi bidang studi ini perlu untuk diapresiasi, direspon dan diketahui oleh insan kreatif, lembaga ilmiah maupun pemerintah daerah. Salah satu karya yang menarik ialah muncul cara pendidikan baru untuk mempopulerkan cerita wayang melalui animasi bagi anak, atau juga karya infografis animasi yang membahas tentang Informasi Wisata Pabrik Batu Bara Sawah Lunto, Padang. Selain itu tentu masih banyak gagasan kreatif yang tertuang dalam karya mahasiswa di Gandrung; Pameran 110 Karya Desain Tugas Akhir Mahasiswa DKV Unindra. Amri Ashari, Sekretaris Prodi Desain Komunikasi Visual Unindra mangatakan bahwa seratus sepuluh karya yang tersaji memang bukanlah tanda atau bukti desain komunikasi visual sudah menjawab persoalan antar bidang studi. “Namun setidaknya dari ada suatu kemajuan berpikir yang dilakukan oleh mahasiswa DKV Unindra dalam menempatkan terapan desain komunikasi visual dapat bermanfaat bagi bidang ilmu, kelembagaan dan masyarakat,” tulisnya dalam keterangan pers.

Gandrung; sebagai penamaan pameran diharapkan mendapat hati di seluruh lapisan masyarakat untuk dikagumi, disukai dan dicintai karya-karya desain komunikasi visual yang berpihak untuk menyelesaikan persoalan.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page