top of page
  • Vicharius DJ

Eksplorasi Estetis Tiga Kartini Modern


Perupa kontemporer sepert Rina Kurniyati bisa dibilang cocok dengan kriteria perempuan modern. Dia bisa menjadi salah satu representasi Kartini modern yang mampu menghasilkan karya apik dalam dunia seni rupa. Seperti saat dirinya terlibat dalam pameran tiga perupa bertajuk, Time Lovers-Kreativitas Ibu Sepanjang Masa, di Galeri Nasional, Jakarta.

Rina menggunakan medium kaca dan enamel dalam karyanya. Melalui karya lukisan kaca hiper realis, Rina seakan ingin mematahkan anggapan bahwa melukis realis yang selama ini hanya dapat dicapai melalui cat minyak atau akrilik pada kanvas. Nama Rina tak sendirian. Ada dua perupa lain yang ikut, Neneng Sia Ferrier dan Ika Yuni Purnama.

Neneng memiliki kekuatan dalam menghadirkan figur dengan’leher jenjang’. Ia juga menampilkan karya instalasi dengan tema lotus, karya instalasi ini merupakan satu-satunya karya mixed media dari total 20 karya seni yang dipamerkan. Sementara Ika mengedepankan komposisi dan kekuatan warna dalam semua karyanya. Cara tersebut membuatnya terkesan tampil sebagai perupa yang dinamis dan penuh energi.

Time Lovers diselenggarakan bertepatan dengan Hari Raya Kartini. Ia terinspirasi dari lagu anak di era 1970-an berjudul 'Kasih Ibu' itu dibuka pada 21 April mendatang. Kurator Citra Smara Dewi mengatakan pameran ini memiliki makna tersendiri karena terdapat upaya melakukan eksplorasi estetis melalui pendekatan medium baru.

Pameran Perupa Perempuan Time Lovers-Kreativitas Ibu Sepanjang Masa berlangsung pada 21 April – 6 Mei 2017, di Gedung B Galeri Nasional Indonesia. Ia terbuka bagi umum atau siapapun yang berminat dalam dunia seni rupa.


0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page