• Vicharius DJ

Suara Lantang dan Goresan Tanpa Putus Yoes Rizal


Banyak seniman kontemporer yang lahir di negeri ini namun tak banyak yang memiliki komitmen dalam berkarya. Komitmen kuat yang merepresentasikan hasil pikirannya dalam goresan kuas di atas kanvas. Salah satu yang masih adalah perupa Yoes Rizal. Ia termasuk satu dari sekian banyak perupa generasi kontemporer asal Bandung. Di Galeri Nasional, Jakarta, Yoes menggelar pameran tunggalnya bertajuk, Pop-Up/Meletup. Terdapat 25 karya Yoes yang diperlihatkan pada publik hingga 22 Februari mendatang. Seperti karakternya yang telah banyak dikenal orang, seluruh karya tersebut abstrak. 

Mahmud Dzafce, kurator pameran mengatakan karya-karya Yoes seperti `suara pikiran' yang lantang. Pikiran yang dipresentasikan oleh garis, warna, dan noda yang selalu bertabrakan seperti halnya refleksi getaran suara pada ruang, dan pada momen itu juga tanpa memperdulikan sekitarnya tetap berjalan dan hanya melihat ke depan. Menurutnya, karya-karya Yoes ditangkap sebagai pertemuan tanpa putus dengan diri membawa pada kedekatan asal jati serta fitrah jati yang dia ekspresikan dengan gerakannya yang matang. Karya-karyanya adalah Waltz/tarian warna oranye, kuning, oker, dan biru yang dijahit ditarik dengan garis gelapnya ke dasar di mana simbol tanda noda tanpa makna bercampur sebagai tanda-tanda alam bawah sadar. 

Tarian warna yang kadang-kadang nampak tidak terstruktur dan tidak bisa dikenali dan kadang-kadang tenang seperti sebuah jalan keluar setelah lama mencari gerakan kehidupan pada lapisan-lapisan obyek-obyek yang fana. “Lukisan lukisannya nampak sebagai archive memory yang disengaja diaduk seperti ombak yang terpicu dari luar dengan maksud memberitahu kepada jiwa untuk tidak menderita demi apapun yang dulu dimilikinya,” kata Mahmu. Sebelumnya, Yoes Rizal pernah berpameran di Galeri Nasional Indonesia pada 2012 dalam Pameran ArtEnergy, dan Indonesia Art Award & Philip Morris Asia pada 1999. 

#YoesRizal

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon