top of page
  • Vicharius DJ

Potret Rahasia Keindahan Negeri Nordik


Bukan rahasia lagi bila di dunia ini begitu banyak tempat yang masih menyimpan keindahan dan keajaiban alam. Di Eropa, empat negara Nordik, yaitu Denmark, Finlandia, Swedia dan Norwegia terkenal memiliki itu. Semuanya berusaha dipotret dan disuguhkan bagi Anda melalui pameran koleksi fotografi bertajuk It Came from North. Koleksi ini merupakan karya dari sembilan seniman negara Nordik. Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Kristensen mengataka pameran ini juga mendapat dukungan dari empat Kedutaan Besar negara Nordik di Jakarta. Menurutnya, foto-foto ini memberikan wawasan tentang hubungan unik yang dimiliki masyarakat Nordik dengan alam di mana dalam kehidupan sehari-hari, mereka tidak lepas dari alam. 

Pameran ‘It Came from North’ juga bertujuan untuk mengingatkan betapa berharganya alam dan mengajak masyarakat untuk melestarikan serta melindungi lingkungan di tengah pemanasan global saat ini. “Kami ingin menyampaikan pesan ke warga Indonesia bahwa melestarikan dan menjaga lingkungan itu sangat penting apalagi dengan adanya perubahan iklim saat ini,” ujar Dubes Kristensen. Hingga saat ini, negara-negara Nordik telah menjadi pemimpin dalam pelestarian lingkungan dan telah berhasil menjalankan industri pengolahan kayu melalui praktik pengelolaan hutan. 

Ada sembilan seniman negara-negara Nordik yang ikut berpartisipasi: Tine Poppe dan Stig Marlon Weston (Norwegia), Nanna Hänninen dan Sandra Kantanen (Finlandia), Mads Peter Iversen dan Astrid Kruse Jensen (Denmark), Stefan Isaksson (Swedia), dan pasangan seniman Inka dengan Niclas Lindergård (masing-masing mewakili Finlandia dan Swedia). Tak hanya hasil karya fotografer Nordik, ada tiga foto karya forografer dan selebgram asal Indonesia, Alexander Thian. Tiga foto yang dipamerkan ia potret saat berada di Norwegia. “Aku sempat kaget ketika dihubungi untuk turut serta. Mereka minta foto alam, tapi ternyata di Norwegia, aku ada beberapa foto gedung. Akhirnya boleh. Tapi tetap ada dua foto yang menunjukkan alam,” ujar Alex, biasa ia disapa. 

Alex pun mengungkapkan kegembiraannya dapat memamerkan sedikit dari hasil karyanya di pameran foto Nordik ini. Ia berharap, warga Indonesia pun dapat belajar dari usaha pelestarian lingkungan yang dilakukan empat negara Nordik. Pameran diselenggarakan di World Trade Center 2, Jakarta, dari 19 Februari 2019 hingga 22 Maret 2019. 

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page