top of page
  • Vicharius DJ

Menguatkan Kembali Eksistensi Seni Lukis Cat Air


Galeri Nasional Indonesia kembali menyelenggarakan pameran bersama. Kali ini dalam rangka momentum hari pendidikan nasional yang jatuh pada 2 Mei lalu. Terdapat 74 karya lukis cat air yang dipamerkan. Semuanya berasal dari 64 perupa yang menjadi pameris, 23 di antaranya merupakan peserta khusus yang diundang untuk terlibat.

Teguh Margono, kurator pameran, mengatakan gelaran ini merupakan salah satu upaya Galeri Nasional membuka ruang edukasi kepada publik, khususnya tentang seni lukis cat air, sekaligus memberi kesempatan masyarakat berpameran. “Bisa dikatakan saat ini cat air milik semua orang,” kata Teguh. 

Menurut Teguh, karya-karya dalam pameran ini secara visual dapat dikategorikan dalam beberapa tema yaitu landscape, seascape, cityscape, flora fauna, keseharian, tradisi dan figuratif. Dengan konsep tersebut, lanjutnya, pameran ini mencoba menggambarkan perkembangan seni lukis cat air yang kini semakin mendapat apresiasi dari masyarakat.

Selain itu, melalui presentasi karya-karya dalam pameran ini, Kepala Galeri Nasional Pustanto berharap pameran ini dapat memberi manfaat edukasi kepada publik, terutama tentang eksplorasi media cat air. Selain itu, pameran ini diharapkan menjadi sarana untuk mengenal lebih dekat para pelukis cat air Indonesia.

“Semoga perhelatan ini mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pelukis cat air khususnya dan publik umumnya untuk terus mengembangkan dan mempertahankan eksistensi lukisan cat air di negeri ini,” ujar Pustanto. 

Cat air dipilih karena tumbuh cukup pesat akhir-akhir ini. Keaktifan para seniman dalam mengembangkan seni lukis cat air sekaligus pengukuhan eksistensi seni tersebut. Jika berkunjung ke sana, Anda akan melihat puluhan lukisan artistik yang sebagian besarnya dihasilkan dari penyelenggaraan lokakarya seni lukis cat air.

Pameran ini mengusung konten edukasi seni rupa yang dapat dimanfaatkan oleh publik sebagai media pembelajaran khususnya tentang lukis cat air. Karena itulah pameran ini tepat untuk meramaikan Hari Pendidikan Nasional. Terkait semua hal tersebut, maka judul gelaran ini adalah Pameran Lukis Cat Air dalam Rangka Hardiknas.

Bila masih penasaran, Anda bisa mengunjungi galeri C di Galeri Nasional. Pameran ini dibuka untuk publik hingga 19 Mei mendatang. 

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page