SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Vicharius DJ

Kembalinya Instalasi Bersayap Nus Salomo


Empat tahun lalu di Galeri Nasional, Jakarta perupa Nus Salomo membuat antusias publik untuk mengunjungi galeri begitu tinggi. Saat itu pada gelaran triennale patung, Nus menyumbang karya instalasi berjudul Sayap Bambu yang menjadi incaran selfie pengunjung yang hadir. Rizki Zaelani yang empat tahun lalu menginisiasi acara itu tahu betul bahwa karya Nus begitu ikonik hingg masih diingat sampai sekarang. Karena alasan itulah, Nus Salomo kembali hadir melalui pameran tunggal bertajuk, Wings Things. “Masih banyak kok yang cari, karena itu kami mencoba membawa lagi ke Galeri Nasional Indonesia,” kata Rizki. 

Sama seperti empat tahun lalu, alumni ITB tersebut memajang berbagai karya yang terinspirasi oleh sayap. Termasuk karya berjudul Come Fly with Me. Bagi seniman Nus Salomo, sayap adalah satu pengalaman yang bermakna. Sayap dijadikan 'bahasa' yang menyimbolkan keadaan manusia kini. Sayap pula yang menimbulkan imajinasi dan hadir dalam berbagai karya-karyanya. Ditambahkan Rizki, Nus Salomo tertarik pada berbagai teknik dan medium. Di pameran ini ada pendekatan seni, desain, dan kriya khususnya medium bambu. Nus juga beberapa kali membuat karya bambu yang besar, termasuk gurita besar yang ada di Komunitas Salihara. 

Kali ini, ada 25 karya yang hadir memanjakan mata para pencinta seni. Sayap yang jadi obyek menyimbolkan keadaan kini manusia, yakni yang memilih untuk menunjukkan kemungkinan seseorang untuk 'terbang' dan memandang dari atas persoalan. “Sekaligus memberi tanda-tanda bahwa ruang pengalaman privat dan publik dalam logika hidup masyarakat kini, tak lagi memiliki batas-batas jelas serta saling mendominasi dalam menciptakan perannya masing-masing,” katanya. 

Dua karya yang menjadi unggulan dalam pameran ini dipajang di bagian depan Gedung A Galeri Nasional, berupa bentuk dua buah sayap besar disusun dari anyaman bambu. Sama seperti empat tahun lalu, pengunjung dapat mengabadikan momen di depan dua karya ini untuk mencitrakan manusia bersayap. Pameran tunggal Nus Salomo berlangsung hingga 14 Juni 2019 di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia. 

#nussalomo