• Vicharius DJ

Ketika Fotografi Berbicara Banyak Soal Kemanusiaan


Di awal masa kepemimpinannya setelah terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump tanpa ragu menerapkan tindakan tegas di kawasan wilayah perbatasan negara. Ia memerintahkan siapapun untuk ditangkap bila memasuki kawasan Negeri Paman Sam secara ilegal. Kebijakan itu menuai kontroversi di tengah upaya dunia untuk saling membangun jembatan persahabatan. John Moore, seorang pewarta foto dari kantor berita GT Images berhasil menangkap salah satu momen menyedihkan atas peristiwa penangkapan salah satu imigran. Kamera fotonya menjadi saksi kala Yanela Sanchez, bocah kecil dari Honduras menangis tak kuasa melihat ibunya ditangkap petugas perbatasan. Gambaran itu terlihat amat menyedihkan meski hanya terwujud dari potret yang diambil John Moore di kawasan Texas, Amerika Serikat. 

John memberi nama Crying Girl on the Border untuk karya fotonya tersebut. Foto epik itu dinobatkan sebagai pemenang World Press Photo of the Year 2019. John berhasil menunjukkan pada publik mengenai dampak lain dari kebijakan pengetatan kawasan perbatasan. Banyak imigran ditangkap dan dipenjara yang membuat mereka terpisah dari anak-anaknya. Foto karya John memang layak mendapat apresiasi tinggi karena mampu berbicara banyak tentang kemanusiaan. Crying Girl on the Border bukan satu-satunya yang mampu menarik perhatian publik. The Migran Caravan karya pewarta foto Pieter Ten Hoopen berhasil memenangkan World Press Photo Story of the Year. Fotonya bercerita tentang imigran Amerika Tengah yang hendak menuju Amerika Serikat dengan karavan di mana mereka berusaha mencari suaka politik. 

Suzan Van Den Berg, Koordinator World Press Photo pihaknya selalu menampilkan visual terbaik dari fotografer di seluruh dunia. Tahun ini ada 4.738 fotografer dari 129 negara yang mengikuti kontes tersebut. Dan dewan juri harus menyeleksi 78.801 foto yang terkumpul untuk mencari karya terbaik. Sebagian karya tersebut kini mampir di Galeri Erasmus Huis Jakarta, dalam rangkaian pameran World Press Photo 2019. 

Bagi Anda yang berminat untuk melihat foto-foto epik dari berbagai penjuru dunia, pameran World Press Photo masih terbuka untuk umum hingga 26 September mendatang.     

#worldpressphoto #fotografi

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon