SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Vicharius DJ

Kreasi Visual yang Merayakan Keberagaman


Oleh Vicharius DJ

Keberagaman yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mulai terasa memudar. Masyarakat sipil dan insan kreatif yang menyadari hal ini berusaha untuk terus mempertahankannya. Salah satu caranya ialah dengan kampanye konten kreasi digital. Diinisiasi oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN), sejak Oktober hingga November 2019 lalu, pegiat media sosial Instragam diajak untuk ikut berpartisipasi dalam kampanye konten kreatif untuk mempromosikan Indonesia yang beragam. 

Mengambil tema, Beda Ragam Saling Sapa, kampanye itu berhasil menjaring puluhan karya berupa foto, komik, dan video. Penyelenggara memberikan apresiasi pada sembilan karya terbaik. Salah satu pemenang dalam kategori video adalah pemilik akun @Sunitakasih. Dengan terampil ia membuat sebuah video pendek yang berisi soal cerita tolerasi dari tiga sahabat berbeda agama. Dalam videonya ia menyiratkan pesan indah bahwa Indonesia serupa Ibu yang paling mencintai anak-anaknya, Indonesia juga serupa lukisan indah dengan berbagai warna di dalamnya. 

Sementara itu pada kategori foto, tangkapan gambar yang diambil oleh pemilik akun @mode_burst terpilih menjadi pemenang pertama. Tampilan pada foto yang menggambarkan barisan biksu dan sekumpulan perempuan muda menunjukkan bahwa rasa toleransi dan kedamaian masih banyak bisa ditemui. Pada kategori komik, karya lucu dari akun @nana.naung terpilih sebagai pemenang. Nana menggambarkan kisah fiktif tentang veteran yang sedang mengajarkan tentang persaudaraan pada cucunya. Persaudaraan yang dibangun karena kesadaran bersama bahwa Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi keberagaman sejak masa perjuangan dulu. 

Seluruh kreasi yang terpilih dipamerkan dalam pameran bersama betajuk Beda Ragam Saling Sapa di Jakarta Creative Hub. Pameran sudah berlangsung sejak Kamis pekan lalu. Selain pameran, acara ini juga dimeriahkan dengan lokakarya pembuatan komik yang dipandu komikus ulung, Mice. Ada pula kelas lokakarya pembuatan video yang dipandu tim kreatif Islami.co Festival dan pameran ini merupakan muara dari program satu tahun yang dikelola PPMN atas dukungan Ford Foundation. Pelawak tunggal Sakdiyah Ma’ruf yang gemar membawakan pesan seputar Islam dan anti ekstrimisme turut menyemarakkan acara Beda Ragam, Saling Sapa. Lalu ada pula diskusi yang dipandu oleh Janet Steele, Professor of Media and Public Affairs and International Affairs Columbian College of Art & Science.     

#PerhimpunanPengembanganMediaNusantara #instagram