• Vicharius DJ

Bangkitkan Kreativitas dengan #PuisiDiRumahAja

Perlawanan masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19 terasa makin kuat. Dalam dunia seni, banyak komunitas menggalakan kegiatan seni tanpa harus meninggalkan rumah. Sejak Maret lalu kegiatan teater dari rumah, menari dari rumah, hingga berpameran dari rumah terus digelar oleh berbagai kelompok untuk menghidupkan semangat berkesenian dan membangkitkan kreativitas.


Galeri Indonesia Kaya merupakah salah satu lembaga yang terbilang cukup aktif. Pada bulan ini mereka kembali menghadirkan kegiatan menarik yakni mengajak masyarakat untuk menulis puisi lewat tajuk kegiatan #PuisiDiRumahAja. Bukan hanya itu, kegiatan ini juga dibarengi lokakarya Daring yang diampu sutradara ternama, Garin Nugroho.



Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation mengatakan antusiasme masyarakat, terutama penikmat seni yang tinggi dengan kegiatan-kegiatan di rumah yang telah dihadirkan sebelumnya, mendorong pihaknya untuk terus berinovasi dalam menyajikan kegiatan baru yang tentunya tidak kalah menarik.

“Kami ingin selalu mendorong para penikmat seni untuk mengembangkan kreativitas walau sedang di rumah melalui berbagai kegiatan yang menarik,” ujarnya.

Bagi para penikmat seni yang tertarik dan gemar membuat dan membaca puisi, Galeri Indonesia Kaya mempersembahkan sebuah kompetisi #PuisiDiRumahAja dengan mencantumkan caption puisi bertemakan “Dari Balik Jendela” dengan foto apa saja melalui media sosial Instagram.



Dari seluruh puisi yang diposting akan dipilih 18 penikmat seni dengan karya puisi terbaik yang berkesempatan untuk membacakan hasil puisinya secara live pada Rabu, 20 Mei 2020 pukul 20.00 WIB di YouTube IndonesiaKaya.


Kegiatan ini akan dipandu oleh Sita Nursanti ini, dan ditemani oleh Bentara Bumi (founder Malam Puisi Indonesia) dan Putri Minangsari (co-founder Unmasked - Poetry Open Mic) serta dimeriahkan oleh lantunan suara merdu Louise Monique (vokalis Deredia).


Acara ini juga mengundang pembicara tamu untuk membacakan puisi karyanya, untuk tayangan perdana #PuisiDiRumahAja ini akan menghadirkan aktris Putri Ayudya dan Komunitas Perempuan dan Puisi, sebuah komunitas yang diprakarsai oleh Sari Madjid, Daisy Lintang, dan Untari dari Teater Koma, bagi seluruh Perempuan yang ingin mengekspresikan rasa melalui Puisi.



Tidak hanya itu, bagi para penikmat seni yang memiliki beragam ide kreatif, Galeri Indonesia Kaya juga memberikan kesempatan bagi para penikmat seni untuk mengikuti lokakarya Daring Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho. Penikmat seni dapat mengikuti kegiatan ini dengan mengirimkan tulisan ide kreatif yang dimiliki maksimal 2 halaman. Dari proposal yang masuk akan dipilih 100 peserta dengan ide kreatif terbaik.


Para peserta terpilih dapat memilih salah satu lokakarya Ruang Kreatif bersama Garin Nugroho yang masing-masing berkapasitas 50 peserta dengan tema “Mengolah Ide Kreatif” pada Sabtu, 30 Mei 2020 pukul 14.00 - 15.30 WIB atau “Dramaturgi Dalam Penyutradaraan” pada Sabtu, 6 Juni 2020 pukul 14.00 - 15.30 WIB.

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon