• Vicharius DJ

Berkenalan dengan Para Monster Supranatural Jepang

Bila memasuki ruang pameran Bentara Budaya Jakarta, Anda akan disambut rangkaian wajah dan tubuh monster nan seram. Sosok-sosok itu oleh masyarakat dalam kebudayaan Jepang dikenal sebagai Yokai atau sosok entitas monster supranatural yang terdapat dalam cerita rakyat Jepang.

Yokai merupakan bagian dari kebudayaan Jepang yang diturunkan di setiap generasi. Entitas ini tadinya muncul dalam berbagai cerita sebagai karakter yang mengekspresikan kekuatan gaib, guna menanamkan kejutan dan ketakutan pada orang-orang. Seiring perkembangan zaman, Yokai berangsur-angsur menjadi tidak terlalu ditakuti dan dipandang sebagai kehadiran yang lebih menawan serta ramah. Bahkan karakter mereka masih sering muncul dalam manga, anime, ikon suatu wilayah, tema pada sushi, serta yang terbaru sebagai sosok penangkal bala pada masa pandemi.


Itulah sisi kebudayaan yang ingin dikenalkan pada publik di Jakarta dan sekitarnya melalui pameran bertajuk Yokai Parade: Supernatural Monster from Japan. Dalam pameran ini, para pengunjung yang datang bisa menjelajahi kedalaman dunia misteri Yokai sejak zaman Kamakura hingga sekarang dengan beragam bentuk. Mulai dari gulungan gambar, nishiki-e atau cetak balok kayu berwarna, hingga media film dan mainan yang berfokus pada kepopuleran Yokai.

Anda juga dapat menikmati replika karya dari seniman Jepang seperti Toriyama Sekien, Katsushika Hokusai, Mizuki Shigeru, Kano Yoshinobu, dan lainnya, yang menghadirkan sosok Yokai dalam beragam bentuk. Karya replikasi ini dibuat seperti aslinya supaya dapat terus dipamerkan dalam pameran keliling jangka panjang.


Indonesia menjadi negara kelima yang memiliki kesempatan menikmati dan berkenalan dengan entitas monster supranatural Jepang. Sebelumnya, pameran ini telah berkeliling di Eropa dan menjelajahi Rusia, Turki, Slovenia, hingga Italia.

Pameran Yokai Parade: Supernatural Monsters from Japan diselenggarakan di Bentara Budaya Jakarta sejak tanggal 17 hingga 27 Juni 2022 mendatang. Pameran ini terbuka untuk umum dan gratis tanpa perlu melakukan registrasi.


Tidak hanya itu saja, The Japan Foundation Jakarta juga menghadirkan pemutaran film berjudul Miyori in the Sacred Forest yang memiliki cerita tentang Yokai dan lektur tentang Yokai sebagai karakter budaya yang populer dari masa ke masa supaya pengetahuan mengenai Yokai dapat bertambah.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua