• Vicharius DJ

Indonesia Tetap Menari Meski di Tengah Pandemi

Hampir dua tahun berselang pandemi Covid-19 belum menunjukan tanda-tanda mereda. Namun para pegiat seni mulai menemukan ritme dan metode baru dalam berkesenian di tengah pendemi. Salah satunya gerakan Indonesia Menari yang kembali hadir tahun ini setelah sempat absen pada 2020 lalu. Gerakan ini diprakarsai Indonesia Kaya sejak 2012.

Kali ini, penikmat seni dan pecinta tari dapat turut serta dalam kemeriahan Indonesia Menari 2021 yang akan kembali diselenggarakan secara virtual. Renitasari Adrian, Program Director laman Indonesia Kaya mengatakan selama penyelenggaraan Indonesia Menari, timnya melihat besarnya antusias masyarakat di berbagai daerah untuk mengikuti kegiatan ini.


“Berangkat dari hal tersebut, kami menghadirkan kembali Indonesia Menari yang dapat diikuti secara individu dalam ruang digital untuk memenuhi dan melepas kerinduan masyarakat terhadap kegiatan yang biasanya rutin untuk diselenggarakan setiap tahun dan hanya di beberapa kota besar di Indonesia,” katanya.

Renitasari berharap dengan diselenggarakannya Indonesia Menari secara virtual, akan lebih banyak penikmat seni dan pecinta tari yang baru dari berbagai daerah untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dari rumahnya masing-masing.Indonesia Menari Virtual 2021 ini menggandeng tiga koreografer berprestasi Indonesia dari lintas generasi yaitu Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura yang menambah keunikan penyelenggaraan tahun ini.


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini hanya dapat diikuti oleh peserta individu. Hal ini sejalan dengan himbauan pemerintah untuk #DiRumahAja, menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia.


Indonesia Kaya menargetkan sekitar 10.000 pendaftar dari berbagai kota di Indonesia untuk mengikuti kegiatan Indonesia Menari. Para peserta akan menunjukkan kemampuan mereka untuk memperebutkan total hadiah ratusan juta rupiah, persembahan Indonesia Kaya.


Seperti tahun sebelumnya, Indonesia Menari kali ini juga terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, semi final, dan final. Penikmat seni dan pecinta tari yang tertarik untuk mengikuti Indonesia Menari dapat mengikuti rangkaian Indonesia Menari Virtual 2021 mulai 1 September-10 Oktober 2021.

Didik Nini Thowok, seniman dan koreografersenior mengungkapkan bahwa menjadi koreografer dalam Indonesia Menari Virtual 2021 ini menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan, terlebih berkolaborasi dengan dua koreografer lainnya yang berasal dari generasi berbeda-beda.

“Kami berupaya untuk menciptakan dan memadukan gerakan dalam genre tarian kami masing-masing dan bertemu secara langsung di Jakarta pada awal 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat, untuk memadukan tiap koreografi yang kami ciptakan. Semoga perpaduan karya kami dapat menjadi tarian yang diminati oleh masyarakat. Tunggu apa lagi, yuk buat videonya, daftarkan dirimu dan mari menari!” ungkap Didik.

Didik Nini Thowok, Eko Supriyanto, dan Ufa Sofura, yang namanya sudah tak asing lagi dalam dunia seni pertunjukan, juga berperan sebagai juri utama dalam kegiatan ini. Ketiganya akan memadukan tiga genre tarian, yaitu tradisional, kontemporer, dan juga modern yang berdurasi 1 menit. Sebanyak lima lagu daerah, yaitu Suwe Ora Jamu (Jawa Tengah), Apuse (Papua), Indung-Indung (Kalimantan Timur), Rambadia (Sumatera Utara), dan Pakarena (Sulawesi Selatan) yang akan diaransemen oleh Eka Gustiwana yang juga akan mewarnai babak penyisihan Indonesia Menari Virtual 2021.


Penikmat seni maupun pecinta tari yang tertarik dapat langsung mengunggah video di Instagram dan mendaftarkan diri di www.indonesiakaya.com. Dalam babak penyisihan ini, para peserta dapat menarikan koreografi yang dapat dilihat melalui situs maupun kanal YouTube IndonesiaKaya mulai 12 Agustus 2021, kemudian mengunggah rekaman tarian sesuai dengan periode waktu dari masing-masing kategori ke akun Instagram pribadi dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Setelah mengikuti babak penyisihan untuk diberi penilaian dari tim juri Indonesia Kaya, 100 peserta yang beruntung dari masing-masing kategori dapat mengikuti babak semifinal pada 25 -29 September 2021. Dari 100 peserta, akan dipilih lagi 20 peserta terbaik dari tiap kategori untuk mengikuti babak final pada Minggu, 10 Oktober 2021 dan dapat disaksikan secara virtual di YouTube IndonesiaKaya pukul 13.00WIB, yang juga bertepatan dengan HUT Galeri Indonesia Kaya yang ke-8 dan Taman Indonesia Kaya yang ke-3.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua