• Vicharius DJ

Jelajah Maya dan Realita di Art Moments Jakarta 2021

Art Moments Jakarta kembali hadir di penghujung 2021. Perayaan seni ini pertama kali digelar pada 2019 dan tahun ini mulai diselenggarakan pada 22 November sampai 21 Desember 2021 secara daring via situs artmomentsjakarta.com. Selain daring, pameran juga berlangsung secara luring di tiga galeri seni di Ibu Kota, mulai dari Art:1 New Museum, Can's Gallery, dan ISA Art and Gallery.

Gelaran kali ini mengusung Art Moments Jakarta Online yang kedua kalinya digelar secara daring. Filosofi yang diusung adalah Yesterday Since Tomorrow is Today yang menghadirkan beragam acara menarik. Ada pagelaran seni yang mengadakan NFT Art Prized Moments menggunakan blockchain Tezos yang ramah lingkungan.


NFT Art Prized Moments adalah kompetisi karya seni NFT berskala nasional pertama di Indonesia dengan hadiah uang tunai senilai Rp 30 juta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam keterangannya mengatakan Art Moments Jakarta Online sesi kedua hadir sebagai platform virtual. “Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan hasil karya seni rupa dan juga budaya Indonesia,” ungkapnya.

Pameran luring pertama digelar pada 19-21 November lalu doi Art:1 New Museum. Art Moment Jakarta menampilkan 1.200 karya oleh 56 peserta dari 16 kota di 9 negara di Asia dan Eropa. Mereka bekerja sama dengan MISSAO CORPORATION untuk membuat program bersama tentang pentingnya layanan penanganan seni, mulai dari penyimpanan dan pengangkutan karya seni yang berharga hingga pengemasan yang tepat. Program bincang-bincang online juga akan diadakan pada 26 November 2021.


Dalam siaran persnya, Yasuyuki Korekawa, Presiden dan CEO MISSAO CORPORATION mengatakan selain mendukung art fair, perusahaan akan meluncurkan tiga proyek lain terkait seni dan budaya di Indonesia. Selain mendukung art fair, Yasuyuki Korekawa mengatakan akan meluncurkan tiga bisnis baru terkait seni dan budaya di Indonesia.

Selain di Art: 1 New Museum, Art Moments Jakarta kali ini juga mengundang para pecinta seni secara terbatas dengan protokol kesehatan yang ketat untuk melihat karya yang ditampilkan. Pada 3-5 Desember 2021, lebih dari 30 karya seni dari seniman Indonesia yaitu I Nyoman Masriadi, Bunga Jeruk, Muklay, Arkiv Vilmansa, dan juga UOB Painting of The Year Indonesia 2021 tampil di Can's Gallery.


Selanjutnya di ISA Art & Design Gallery yang terletak di Wisma 46, kota BNI, Sudirman, Jakarta Pusat juga menghadirkan karya seni oleh Alexander Sebastianus dan Mira Hoeng serta art-print dari Mira Hoeng dan Chang Jui Pin pada 10-12 Desember 2021.

Selain itu, Art Moments Jakarta juga menggelar pameran virtual berjudul Collectors Curated Moments yang diprakarsai oleh kolektor seni muda mulai 23 November 2021. “Misi kami adalah untuk menghadirkan kembali Art Moments Jakarta walau di tengah pandemi. Kehadiran pameran kali ini diharapkan mampu mempopulerkan karya seni di Indonesia sekaligus mendukung kiprah para seniman Indonesia di mancanegara,” tukas Fair Director Art Moments Jakarta Online, Leo Silitonga.



0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua