• Vicharius DJ

Kombinasi Daring dan Luring Art Moments Jakarta

Setelah ditunda perhelatannya pada 2020, Art Moments Jakarta kembali menyapa para pecinta seni di 2021. Pameran seni mulai berlangsung secara hybrid atau kombinasi Daring dan Luring sekaligus pada 20 Mei hingga 30 Juni 2021 di tiga galeri ternama di Ibu Kota. Pelaksanaan Art Moments Jakarta dan terlibatnya para seniman yang terus berkarya diapresiasi oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Ia menyampaikan, gelaran ini hadir sebagai produk industri kreatif yang mempromosikan seni rupa juga seni budaya Indonesia.


“Ini merupakan momen kebangkitan industri ekonomi kreatif, terutama di bidang kesenian yang akan dilakukan dengan pendekatan normal baru, seperti penerapan aturan CHSE yang ketat dalam pelaksanaan event dan pamerannya,” kata Sandiaga Uno dalam sambutannya pada peluncuran dan konferensi pers virtual.


Sandiaga melanjutkan, perhelatan secara hybrid jadi upaya dalam beradaptasi dan berinovasi agar dapat menangkap peluang di tengah pandemi Covid-19, sehingga akses pasar akan terbuka lebih luas bagi para seniman Indonesia. Chief Operating Officer of Art Moments Jakarta Sendy Widjaja, menjelaskan Art Moments Jakarta 2021 menampilkan karya seni, dari tradisional, modern, kontemporer. Ada pula karya dari media-media baru, seperti digital art, termasuk textile maupun sound art.


“Tujuan penyelenggaraan Art Moments Jakarta 2021 adalah supaya kita terus berupaya menjembatani dan mewadahi berbagai pelaku seni dari pemilik galeri, seniman, pecinta seni, hingga pembeli karya seni untuk mendukung popularitas mereka di kancah seni internasional,” jelas Sendy.



Ia menjelaskan pula bahwa saat ini ada sebanyak 65 galeri dari dalam maupun luar negeri yang turut berpartisipasi pada Art Moments Jakarta. Adapun target pengunjung adalah kolektor seni, pecinta seni, kalangan milenial, komunitas seniman dan berbagai komunitas lainnya dari akademisi.


“Kami selaku penyelenggara dari Art Moments Jakarta memahami, di tengah pandemi saat ini kami sangat berhati-hati dalam menjalankan protokol kesehatan, seperti prosedur swab test untuk seluruh kru yang terlibat, fogging sebelum acara, air purifier yang ditempatkan di beberapa lokasi acara,” kata Sendy.



Menggelar pameran seni secara virtual tentu bukan tanpa halangan. Tantangan terbesar adalah mereka masih berhadapan dengan pandemi yang belum selesai. Bagaimana cara hybrid ini bisa mendukung mood para kolektor seni untuk mau melihat dan tentu membeli karya seni yang dipamerkan.


Art Moments Jakarta Luring berlangsung pada 20-22 Mei 2021 di Art Space:1, 1-3 Juni 2021 di D Gallerie, dan 18--20 Juni 2021 di CAN'S Gallery. Sementara versi Daring berlangsung 1 sampai 30 Juni 2021. Pameran ini dapat diakses melalui situs web www.artmomentsjakarta.com. Pengunjung dapat registrasi dahulu dan memilih karya yang ingin dilihat.

0 komentar