• Vicharius DJ

Melihat Karya Sang Master Raphael

Kedutaan Besar Italia dan Pusat Kebudayaan Italia di Jakarta meresmikan pameran seni digital bertajuk Magister Raffaello. Pameran ini menghadirkan karya seni dari pelukis sekaligus arsitek zaman Renaissance dari Italia, Raphael. Pameran yang telah berlangsung sejak 2020 ini digelar untuk merayakan 500 tahun karya Raphael. Pengunjung dapat menjelajahi perjalanan hidup Raphael yang inspiratif melalui pameran ini.


Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar Italia untuk Republik Indonesia Benedetto Latteri, mengaku sangat bangga dapat mempersembahkan mahakarya Raphael kepada para pecinta seni di Indonesia. “Kita sangat beruntung, mungkin tidak akan lagi kita menemui pameran yang master seni dunia, salah satu tokoh seni modern di dunia,” sambungnya.

Menurutnya, Raphael merupakan seorang seniman dengan bakat luar biasa dan salah satu tokoh ternama pada era Renaissance yang senantiasa menjunjung tinggi keindahan dan kedamaian. Karya-karyanya mencerminkan perjalanan, pemandangan, dan kisah indah yang dilihat dan dialami oleh Raphael sendiri. “Lukisannya sarat akan nilai filsafat, teologi, arsitektur, dan sains yang dapat kita pahami dan nikmati bahkan 500 tahun setelah kematiannya,” kata Benedetto Latteri.


Duta Besar Benedetto Latteri menambahkan bahwa pameran seni ini sebelumnya sudah diselenggarakan di Vietnam, Austria, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan serta telah dihadiri oleh 50.000 pengunjung secara global. Kini, pameran seni Magister Raffaello hadir di Indonesia sebagai negara ke delapan di Asia dalam tur global. Dalam pameran ini, pengunjung dapat menikmati lebih dari 50 karya Raphael yang terbagi dalam enam tema, yaitu, Intro-Identity, Inhabiting Spaces, Finding Balance, Portraits: Sacred and Profane Subjects, The Papal Apartments,dan Utopia and Power.

Tema-tema itu akan membawa pengunjung untuk memahami makna kehidupan dan karya seni Raphael serta menjelajahi ruang kerja, berbagai tempat yang dikunjungi Raphael, tokoh lainnya yang ditemui Raphael, dan mempelajari bagaimana Raphael mengembangkan karya seninya.



Pameran Magister Raffaello diiringi oleh musik yang digubah oleh Antonio Fresa, seorang musisi, komposer, sekaligus pencipta soundtrack film ternama dari Italia. Seluruh karya seni yang ditampilkan dalam pameran ini tersedia dalam lima bahasa, yaitu Indonesia, Italia, Inggris, Portugis, dan Spanyol. Selain itu, pengunjung disarankan untuk menggunakan earphone pribadi selama berada di dalam pameran.

Magister Raffaello dibuka untuk umum mulai 25 Februari hingga 31 Maret 2022 di Ciputra Artpreneur Gallery, Ciputra World 1, lantai 11, Jakarta. Pameran ini gratis dan buka setiap Selasa hingga Minggu (kecuali Senin), pukul 11:00 hingga 20:00 WIB. Setiap sesi berlangsung selama 1 jam dengan maksimal 30 pengunjung.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua