top of page
  • Vicharius DJ

Mengenal Lebih Dalam Desain A la Negeri Pizza

Institut Kebudayaan Italia bekerja sama dengan Galeri Nasional Indonesia menyelenggarakan pameran bertajuk “Created in Italy: An Aptitude for the Impossible” yang secara resmi dibuka pada 8 Maret 2023 lalu. Acara tersebut dihadiri Prof. Dr. H. Muhammad Adlin Sila selaku staf ahli Mendikbudristek bidang hubungan kelembagaan dan masyarakat, Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri, dan Direktur institut Kebudayaan Italia Maria Battaglia, serta kuarator pameran Odo Fioravanti.

 

Pameran tersebut merupakan rangkaian acara dari Italian Design Day 2023. Pameran ini adalah sebuah inisiatif yang diprakarsai oleh kementerian luar negeri Indonesia dan kerja sama internasional dengan Italia. Setiap tahunnya pameran ini mempunyai tema yang berbeda-beda, dan menghadirkan seorang duta yang dipilih oleh kementerian, dan di tahun ini memiliki tema “The quality that light up. The energy of design for people and the environment”.

 

Italia mengusung tema ini karena akan menggambarkan gagasan yang bertujuan untuk memperkuat konotasi desain Italia sebagai elemen khas merek Italia, dan untuk mempertahankan peluang masuk dan ekspansi di pasar internasional bagi operator di sektor ini.

 

“Selain pameran seni, diharapkan juga pameran ini bisa menambah pengetahuan bagi masyarakat, tentang karya seni Italia,” kata Benedetto Latteri.

 

Pameran Italian Design Day akan menghadirkan Assia Karaguiozova seorang desainer, seniman, sekaligus sebagai duta Italian Design Day 2023. Setiap tahunnya pameran diselenggarakan dengan berbagai jenis aktivitas di dalamnya. Biasanya pameran ini melibatkan universitas dan mahasiswa, desainer, arsitek, dan beberapa seniman ternama Indonesia, institusi budaya, pusat desain merek Italia, maupun institusi pemerintahan.

 

Aktivitas yang tercakup di dalamnya antara lain adalah pameran, seminar, bincang-bincang, webinar, dan lain sebagainya. Pameran ini diselenggarakan di bawah naungan dewan promosi, inovasi, budaya dan ekonomi, yang merupakan inisiatif dari kantor promosi kementerian luar negeri dan kerjasama internasional Republik Italia. Acara ini juga dikurasi oleh Odo Fioravanti, Giulio Laccheti dan Francesca Picchi. Selain itu yang bertindak sebagai desainer pameran adalah Mario Trimarchi.

 

Pameran Italia terbuka untuk umum mulai dari tanggal 9 Maret sampai 6 April di gedung A Galeri Nasional Indonesia. Kunjungan pameran dimulai dari jam 09.00-19.00 WIB, yang nantinya akan dibagi ke dalam 9 sesi.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page