• Vicharius DJ

Mengunjungi Karya 10 Perupa Perempuan Indonesia

Galeri Nasional Indonesia kembali mengadakan pameran karya seni para perempuan Indonesia. Pameran bertajuk Women Artists #3: Infusions Into Contemporary Art mulai digelar pada akhir Maret lalu dan berlangsung hingga 24 April mendatang. Sebanyak 32 karya seni hasil kerja keras 10 perupa perempuan kenamaan Indonesia dipajang di sini.


Pameran ini dikuratori oleh tiga perempuan yang melanglang buana di skena seni rupa Tanah Air. Mereka adalah Carla Bianpoen, Inda Citraninda Noerhadi, dan Citra Smara Dewi. Sementara itu 10 nama perupa yang terlibat di antaranya Arahmaiani, Bibiana Lee, Dolorosa Sinaga, Dyan Anggraini, Indah Arsyad, Melati Suryodarmo, Mella Jaarsma, Nunung W. S., Sri Astari Rasjid, dan Titarubi.

Mereka memamerkan karya seni yang terdiri dari seni lukis, patung, instalasi, new media, dan art performance. Uniknya, sebagian besar para seniman yang berpartisipasi berada di atas usia 50 tahun. Kurator pameran Carla Bianpoen mengatakan ada beberapa alasan sampai membuat tim kuratorial mengajak para perupa senior.


“Luar biasanya adalah, para perupa terpilih ini nyatanya terus mengalami puncak demi puncak kreativitas, dan tidak terbayang berapa puncak lagi yang akan dicapai,” katanya.

Pada 1835 sebuah studi empiris mengenai isu kreativitas usia senior pernah dipublikasikan. Studi itu menuliskan bahwa peneliti atau psikolog yang mempelajari pencapaian kreatif dalam siklus kehidupan secara umum, telah menemukan bahwa puncak kreativitas seseorang berada di antara usia pertengahan hingga akhir 30-an tahun atau di awal 40-an.


Namun studi lanjutan menemukan bahwa puncak kreativitas seseorang sangat bervariasi dan studi lainnya menemukan bahwa puncak kreativitas tersebut bisa muncul di usia berapapun. “Sepuluh perupa tersebut dipilih atas pertimbangan konsistensinya dalam berkarya dengan capaian artistik yang sangat tinggi, baik secara gagasan, konseptual, maupun kekuatan visual,” tambah Inda C Noerhadi.

Kepala Galeri Nasional Indonesia, Pustanto menambahkan pameran seni Indonesian Women Artists #3 bukan sekadar menguatkan narasi kehebatan sosok perempuan. Tapi juga menegaskan kehebatan sosok para perupa Indonesia yang tak kalah di dunia internasional.


Bila tertarik mengunjungi pameran ini, silakan hadir di Gedung A dan B Galeri Nasional Indonesia. Sebelum berkunjung, para pencinta seni diwajibkan melakukan registrasi secara daring melalui laman galnas-id.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua