• Vicharius DJ

Menikmati Kreasi Arsitektur dalam Ruang Virtual

Tingginya kasus infeksi Covid-19 membuat pemerintah pusat menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro. Imbasnya beberapa kegiatan seni dan pameran terpaksa harus ditutup untuk sementara. Beruntung teknologi virtual exhibition memungkinkan medium pameran berubah. Itulah yang dilakukan Majalah Asrinesia ketika menyelenggarakan Indonesia Asri Expo 2021.


Majalah Asrinesia yang bergerak dalam lingkup Arsitektur, Interior, Taman, Seni, Budaya, Lingkungan dan Pariwisata, menggagas ide kreatif dan inspiratif tersebut untuk menawarkan cara lain menikmati karya arsitektur dan interior dengan cara yang lebih aman di tengah pandemi. Tim Kreatif Asrinesia berusaha merealisasikan inovasi berupa pameran virtual yang berbasis keindahan dan keasrian Indonesia, dengan format tampilan panorama 360 derajat.


Bentuk dan kegiatan pameran inovatif ini telah dikonsultasikan dengan berbagai pihak terkait dan yang memiliki kepentingan, sehingga tahap pertama akan berlangsung sampai akhir September 2021 secara nonstop. Dapat diakses dari seluruh Indonesia dan dunia selama dapat terhubung dengan media internet. Diharapkan melalui cara yang kreatif ini Indonesia tetap berpotensi tampil secara luas di bidang arsitektural dalam persaingan global, melalui sistem digitalisasi modern.



Dalam pameran virtual ini turut disertakan juga dunia pendidikan sebagai pusat sumber daya manusia kreatif dari beberapa perguruan tinggi, yang memiliki program studi (prodi) bidang arsitektur, desain interior, arsitektur lanskap dan desain produk.


“Ide kreatif ini timbul dari masukan masyarakat yang menginginkan suasana pameran arsitektural di masa pandemi,” ujar Pemimpin Umum Majalah Asrinesia, juga sebagai Ketua Pelaksana pameran virtual Indonesia Asri Expo (IAE) 2021, Ari Tutuko.



Pameran virtual Perdana yang diselenggarakan oleh Majalah Asrinesia merupakan pameran virtual pertama yang diadakan oleh media cetak. Sebelumnya majalah ASRINESIA yang dulu bernama majalah ASRI, kerap menyelenggarakan pameran luring sejak tahun 1984, sedangkanSoft Launching pameran virtual tersebut sudah dilaksanakan pada bulan Maret 2021 lalu.


Pemimpin Redaksi Majalah Asrinesia, Sri Murdiningsih menambahkan Indonesia Asri Expo 2021 bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh para profesional, produsen material serta kalangan pendidikan, perguruan tinggi dan generasi milenial. “Pameran ini dapat diakses masyarakat umum yang ingin mencari inspirasi terbaik dari karya-karya arsitektur dan desain dengan keunggulan pada kearifan lokal,” tutur Sri.



“Harapan kami, pameran virtual ini bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh para profesional, produsen material serta kalangan pendidikan, Perguruan Tinggi dan Generasi Milenial. Selamat mengunjungi Pameran Virtual ‘Indonesia Asri Expo 2021’ persembahan berkala dari Majalah Asrinesia yang tetap diharapkan selalu kreatif dengan ide barunya,” ungkapnya.



Majalah Asri sendiri sudah berusia 38 tahun sejak pertama didirikan dengan nama Majalah ASRI, kemudian menjadi Majalah GRIYA ASRI, dan sekarang Majalah Asrinesia, yang resmi dipublikasikan pada 2017.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua