top of page
  • Vicharius DJ

Merangkai Lego Jadi Karya Seni

Selama ini Lego identik dengan anak-anak. Banyak yang menggemarinya sebagai salah satu permainan yang bisa mengasah kreativitas. Anak-anak seringkali memainkan Lego dengan membentuknya jadi bentuk tertentu atau figur yang mereka idolakan. Di galeri artina.Sarinah, Lego hadir bukan hanya jadi mainan anak. Ia berubah jadi sebuah kreasi seni rupa.  

 

artina.Sarinah menjadi tuan rumah pameran LEGO Nusantara. Ia menghadirkan berbagai karya seni yang diadaptasi dalam bentuk lego. Sebagai ruang seni rupa kontemporer, artina.Sarinah berkolaborasi dengan Klub LEGO Nusantara menghadirkan karya seni instalasi tematik yang terbuat dari lego. ini adalah yang pertama kalinya ada di Tanah Air.

 

Anggota klub Lego Indonesia, Handi William mengatakan karya seni instalasi lego di pameran ini adalah pengalaman terbaru bagi kami. ”Selama ini Lego hanya dikenal sebagai mainan yang dapat mengasah kreativitas dan kemampuan untuk merakit, namun melalui kolaborasi ini kita dapat memperlihatkan sisi lain dari lego, yakni karya seni,” katanya

 

Melalui karya seni instalasi berbentuk lego ini, pihaknya berharap dapat mengangkat seni dan budaya Indonesia. “Ini adalah pengalaman baru bagi kami dan semoga ke depannya bisa mengangkat seni dan budaya Indonesia,” sambungnya.

 

Dalam pameran LEGO Nusantara ada diorama Candi Prambanan yang terbuat dari 22.000 komponen Lego. Karya ini merupakan koleksi dari kolektor Subagyo Wirjantoro. Selain itu, ada juga diorama dari Candi Borobudur, mozaik dari sosok proklamator Indonesia yakni Soekarno dan Bung Hatta yang merupakan karya artisan Kendy Kusumo. Mozaik ini terbuat dari 10.300 buah komponen Lego.

 

Direktur Utama Mojisa Creative yakni penyelenggara artina.Sarinah, Morine Rociana, menambahkan melalui pameran ini artina ingin mengajak pencinta seni untuk menikmati karya dalam medium yang berbeda.

 

“Lima instalasi karya seni tematik dari Lego ini dapat dilihat bersamaan dengan beragam karya seni lainnya dalam pameran artina.Sarinah sesi kedua yang mengusung tema matrajiva. Dan, ini merupakan yang pertama kalinya instalasi karya seni Lego dipamerkan bersanding dengan karya seni seniman-seniman Indonesia,” pungkasnya.


Pameran LEGO Nusantara masih berlangsung hingga 31 Mei 2023 di artina.Sarinah, gedung Sarinah kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Jika tertarik, Anda bisa mampir untuk sekedar menikmatinya sejenak. 

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page