• Vicharius DJ

Pameran Kekayaan Intelektual Lokal Ramaikan Ibu Kota

Pop Art Jakarta kembali hadir tahun ini. Agenda budaya popular yang menampilkan karya seni instalasi dan perpaduan antara karya interaktif kekayaan intelektual anak muda digelar di SPARK, Senayan Park lantai 1, Jakarta Pusat hingga 4 September mendatang.  Pop Art Jakarta bukan sekadar ajang pameran seni namun juga panggung bagi para kreator Intelektual Properti (IP) Indonesia untuk unjuk gigi.

 

Ketua Asosiasi IP Kreatif Indonesia (AIPI), Erlan Arisandi Prabowo menuturkan, pameran yang digelar tahun lalu mendapat sambutan luar biasa meski di tengah situasi pandemi. Tahun lalu melampaui 19 ribu pengunjung. Ini di luar dugaan karena kegiatan ini baru diluncurkan pertama kalinya.

 



“Di tahun ini, kami menyediakan space yang lebih lebar dari masing-masing IP. Kita juga menyiapkan durasi pameran yang lebih panjang lagi,” kata Erlan.

 

Ia berharap Pop Art Jakarta bisa menampung ide kreatif dari pemilik IP lokal di Indonesia agar lebih dikenal masyarakat lebih luas dan ingin menjembatani seluruh lapisan dari industri kreatif. Erlan menegaskan mulai dari kreator, pemilik IP yang bertebaran di jagat maya, dengan publik maupun kolektornya. “Pop Art Jakarta ingin menjembatani keseluruhan itu semua,” sambungnya lagi.

 

Pop Art Jakarta 2022 menampilkan para kreator IP di antaranya ada Bumilangit, Satria Dewa Gatotkaca, INFIA yang menghadirkan Hai Dudu, Dalang Pelo, Vernalta dan Maple Haven, Pionicon yang membawa Si Juki, Kalawira dan Tuti and Friends, Faktap, Mice Cartoon, Lokapala, Oramon, Galeo Anak Segara, dan Yang Terdalam (YTD).

 



Pada Pop Art Jakarta 2022, pengunjung dapat mengabadikan dirinya bersama dengan karya-karya yang dihadirkan oleh creator IP lokal dengan berfoto, video hingga mengikuti kegiatan di instalasi seni yang tersedia.

 

Salah satu kreator IP, Komik Faktap yang dibuat oleh Iskandar Salim turut memajang karyanya yang kedua kali di Pop Art Jakarta 2022. "Dari tahun lalu setelah mengikuti Pop Art Jakarta 2021, impact-nya sangat besar. Saya berharap agar lebih banyak publik mengenal Komik Faktap dan IP ini," tukasnya.

 



Salah satu karya seni instalasi yang dibuat Komik Faktap adalah Nom Nom Monsters yang menjajakan jajanan khas Indonesia. Dalam karya instalasi yang dibuatnya ada bakso, bakpau sampai jajanan khas Indonesia. “Monster ini sengaja dibuat lucu dengan penampakannya yang seukuran besar. Lebih ke lucu sih,” katanya.

 

Ada 8 monster yang diciptakan Komik Faktap dan kawan-kawan. Untuk membuat ruangan warna-warni yang lucu tersebut, ia membuatnya sengaja seperti kedai makanan. “Semoga karya ini bisa diapresiasi masyarakat,” katanya.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua