• Vicharius DJ

Panggung Lakon Teater Dalam Jaringan

Pandemi virus Corona yang menyerang Indonesia sejak awal Maret menyebabkan semua pertunjukan teater ditunda atau dibatalkan. Menyiasati situasi yang belum membaik, pertunjukan melalui jaringan internet jadi pilihan para seniman teater tetap berkarya. Pada pekan pertama April, makin banyak pilihan pertunjukan daring yang dapat diakses.


Karya-karya itu kini tersedia dalam genggaman dan dapat dinikmati dengan bebas dari rumah. Cakar Monyet oleh Mainteater (Bandung) mulai tayang melalui kanal Youtube Komunitas Salihara pada awal April. Drama ini diadaptasi dari The Monkey’s Paw, cerita pendek bergenre horor dari kumpulan Cerpen The Lady of The Barge karya W.W. Jacobs (Inggris).



Di Teater Salihara, Mainteater mengalihwahanakan naskah tersebut menjadi sebuah lakon berlatar Indonesia. Cakar Monyet dapat diakses dengan bebas hingga 7 April mendatang.


Jagongan Wagen Padepokan Seni Bagong Kusudiardja yang rutin diselenggarakan tiap bulan tetap diselenggarakan pada Maret lalu lewat siasat streaming. Pertunjukan pantomime berjudul Nafas Nafsu dari Asita Kaladewa dengan dramaturg Naoki Nagai menjadi sajian dalam Jagongan Wagen edisi Maret tersebut.



Pertunjukan tersebut telah diunggah di kanal Youtube Padepokan Seni Bagong Kusudiardja dan dapat dinikmati dari rumah.


Kanal Youtube Teater Garasi juga dapat menjadi pilihan untuk menikmati pertunjukan teater modern dari rumah. Walau belum ada unggahan yang baru, kanal Youtube Teater Garasi memuat sejumlah dokumentasi pertunjukan mereka dalam kurun beberapa tahun terakhir. Antara lain Menara Ingatan (2017), Yang Fana Adalah Waktu Kita Abadi (2016), hingga Je.Ja.Lan (2008).



Tak hanya pertunjukan dalam negeri. Dari luar negeri National Theatre (Inggris) menawarkan pentas daring berjadwal yang dapat diakses dari seluruh dunia. Jadwal pertunjukan daring National Theatre dapat diakses melalui laman mereka. Dokumentasi pertunjukan mereka menjadi sumber penayangan karya.


Publik dapat menonton sesuai jadwal dengan membayar tiket dan donasi. Kanal Youtube mereka telah mengunggah edisi perdana pertunjukan daring tunda gratis mereka berjudul One Man, Two Guvnors yang menampilkan bintang komedi Britania, James Corden.



Para penggemar teater tari yang tak luput dari cengkeraman pandemic Covid-19 tetap dapat menikmati pementasan kelas dunia dari rumah. Alvin Ailey American Dance Theater (AAADT) telah mengunggah sejumlah dokumentasi pertunjukan mereka. Salah satunya adalah pertunjukan Revelations yang dipentaskan perdana di Kennedy Center pada 2018 lalu.


Dari Jerman, Schaubuhne Berlin membuka koleksi dokumentasi musik teater mereka untuk publik melalui laman mereka. Beberapa di antara komposisi-komposisi musik teater di laman tersebut hanya bisa diakses melalui SoundCloud yang tautannya tersedia di masing-masing nomor. Musik teater dari Schaubuhne Berlin dapat diakses tanpa harus mendaftar dan membayar. Schaubuhne juga membagikan dokumentasi pertunjukan untuk publik. Namun, sebagian besar menggunakan platform Vimeo yang tak bisa diakses dari Indonesia.

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon