top of page
  • Vicharius DJ

Perupa Hanafi Gelar Pameran 60 Tahun dalam Studio

Perupa senior Hanafi tahun ini genap memasuki usia 60 tahun. Jika dirunut menurut tahun awal pamerannya di bidang seni rupa, maka tahun ini genap 28 tahun (sejak 1992) pendiri Galerikertas Studiohanafi Depok, Jawa Barat, ini berkarya. Enam puluh tahun, bukan usia yang muda. Bukan juga usia yang cukup tua, jika kita menarik batas 65 tahun sebagai golongan tua.


Dalam bidang kesenian, semakin seorang seniman itu menua, makin matang dan kompleks karya-karyanya; sesuatu yang berbanding terbalik dengan logika politik atau ekonomi, di mana makin tua seseorang mulai meletakkan jabatannya. Di usia-usia ini, mereka boleh disebut sebagai seniman senior-profesional, untuk membandingkannya dengan golongan seniman muda yang masih dianggap sebagai seniman eksperimental.



Untuk merayakannya Galeri Kertas Studio Hanafi akan menggelar pameran “60 Tahun dalam Studio” karya Hanafi. Terdapat 65 karya yang akan dipamerkan. Semuanya dibuat Hanafi selama pandemi virus corona. Pameran berlangsung selama satu bulan, 5 Juli-5 Agustus 2020.


“Apapun kondisi, seniman harus melaporkan karya akhirnya,” ujar Hanafi.

Selain gelaran pameran, ada rangkaian acara lain dalam pameran, di antaranya diskusi dan presentasi karya perupa muda bersama Hanafi pada 10 dan 17 Juli 2020 pukul 16.00-18.00 WIB.



Presentasi bersama perupa muda (20-30 tahun) ini tetap mengikuti prosedur kesehatan dan keamanan selama pandemi. Untuk itu, manajemen Galerikertas membuka kesempatan kepada semua perupa muda di Jabodetabek untuk membawa karya mereka ke Galerikertas dan nanti akan dibahas serta dipilih Hanafi untuk dipamerkan bersama di bulan berikutnya di Galerikertas.


Presentasi diadakan selama dua kali. Setiap sesi hanya bisa 7 perupa muda, dengan minimal membawa 5 karya di atas kertas. Setelah presentasi, seniman muda yang terpilih oleh Hanafi akan diumumkan pada 20 Juli 2020, lalu mengikuti workshop di Studiohanafi, dan berpameran di Galerikertas.



Pameran Perupa Muda Pilihan Hanafi diadakan pada 17 Agustus 2020, sekaligus perayaan Kemerdekaan Indonesia.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page