• Vicharius DJ

Pesta Fotografi Jakarta di September Ceria

Salah satu perhelatan fotografi terbesar Indonesia, Jakarta International Photography Festival (JIPFest), terselenggara sejak awal September kemarin di Kawasan Blok M, Jakarta Selatan.  JIPFest kali ini menampilkan karya 59 fotografer dari sembilan negara. Tak tanggung-tanggung, festival meliputi 15 program dan 55 acara yang berlangsung hingga 25 September.

 

Direktur JIPFest, Cristian Rahadiansyah mengatakan perhelatan tahun ini berusaha membawa fotografi mendekati masyarakat luas dan mengenalkan keragaman lokasi Jakarta. Festival ini juga bermaksud untuk menyemai dan membawa fotografer Indonesia ke panggung dunia.  Tema besar ‘Revival’ (kebangkitan) dipilih untuk JIP Fest 2022 sebagai respon dari meredanya pandemi.



Tak hanya itu, tema itu juga menggambarkan aspek kultural ‘kebangkitan’ terkait usaha pemulihan dari kolonialisme, modernisme, bahkan opresi sosial.  Sebagaimana kebangkitan kerap berhubungan dengan hal religius, tur mengunjungi tiap lokasi di sekitar Blok M pun disinyalir terinspirasi oleh konsep ‘ziarah’ atau mendatangi tempat yang penting dan mulia.

 

Salah satu kurator JIP Fest 2022, Asep Topan mengatakan JIP Fest 2022 membawa kebaruan dibanding sebelumnya. Bahkan, beberapa karya cukup kuat menggunakan pendekatan seni rupa.  “Komposisinya jadi lebih beragam, mudah-mudahan pengalaman artistiknya tidak hanya menjadi melihat pameran foto. Pameran di ruang publik Taman Langsat juga,” ujarnya.

 

Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, menyatakan apresiasinya pada JIPFest. Menurutnya, Disparekraf DKI menyambut edisi ketiga JIPFest sebagai bagian dari usaha pemulihan pariwisata di DKI Jakarta. Pihaknya menyambut tokoh-tokoh fotografi dan partisipan festival yang hadir ke Jakarta dari seluruh Indonesia, juga berbagai negara lain.

 

“Kami harap JIPFest dapat mengajak bintang tamu dan peserta festival untuk mengeksplorasi Jakarta, terutama area Blok M yang telah dilayani oleh berbagai transportasi publik. Saya berharap melalui JIPFest, fotografi akan semakin dekat dengan masyarakat, dan pelaku fotografi akan dilengkapi dengan kemampuan dan wawasan yang relevan untuk membangun subsektor ekonomi kreatif ini.”

 

Edisi ketiga JIPFest berlangsung di enam lokasi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan di antara: Kala Karya, Kala di Kalijaga, Soup N Film, Lamandau House, Taman Langsat, dan Teater Bulungan. Pesta fotografi ini menghadirkan 15 program, 55 acara, serta 59 bintang tamu dari sembilan negara (Amerika Serikat, Belanda, Belgia, India, Indonesia, Inggris, Jepang, Norwegia, dan Singapura). Selain pameran foto terdapat beragam workshop yang dibawakan para ahli di bidang seni visual dan fotografi dari berbagai negara.


JIPFest bukan satu-satunya acara fotografi di September. Jakarta juga kedatangan pergelaran akbar World Press Photo Exhibition 2022 di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan. Pameran yang berlangsung dari 9 September-1 Oktober ini menampilkan karya-karya terpilih dari ajang World Press Photo Contest ke-65.

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua