SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon
  • Vicharius DJ

Ragam Gambar Bertutur dan Visual Para Pewarta Foto

Penyelenggaraan pameran Permata Photojournalist Grant (PPG) kembali hadir untuk kali ke sembilan sejak pertama kali diadakan. Tercatat hingga hari ini, PPG sudah menghasilkan 85 pewarta foto dari 35 media di Indonesia. Tahun ini, pameran foto mengusung tema Innovation dan sudah dibuka di galeri Erasmus Huis sejak 5 Maret lalu.


Ridha D.M. Wirakusumah, Presiden Direktur PermataBank mengatakan tema Innovation menjadi kian menarik ketika 10 peserta mencoba menvisualisasikannya ke dalam karya-karya foto bertutur (photo story) mereka dengan beragam teknik, narasi, komposisi, visual dan warna. Ditambah pula latarbelakang cerita yang menarik mulai gaya hidup, isu sosial, lingkungan, ekonomi, seni dan budaya.



Sementara itu Yolande Melsert,  Director Erasmus Huis, Embassy of the Kingdom of Netherland di Jakarta menuturkan tahun 2020 ini merupakan tahun istimewa untuk Erasmus Huis karena hari jadinya ke-50. Menandai kerja sama budaya serta berbagi pengalaman dan nilai-nilai antara Belanda dan Indonesia yang telah berlangsung selama 50 tahun.


“Dan foto jurnalistik yang baik sangat penting artinya bagi kedua bangsa. Kebebasan pers dan jurnalis yang bermutu tinggi merupakan pilar utama bagi demokrasi. Dan kami sangat mendukung program ini,” tuturnya.



Program PPG ke-9 tahun ini telah dimulai sejak 10 Desember 2019 lalu dengan 12 sesi kelas berdurasi dua kali dalam seminggu dan diakhiri 3 hari pelatihan intensif bersama Jenny Smets seorang kurator independen dan editor foto dari Belanda. Pada puncak program, karya mereka diapresiasi dalam bentuk Buku dan Pameran Foto yang akan berlangsung hingga 5 April 2020 di Erasmus Huis, Jakarta.


Para peserta yang turut menjadi pameris di antaranya; Adi Maulana Ibrahim (Katadata.co.id, Jakarta), Bisma Septalisma (CNNIndonesia.com, Bekasi), Hafitz Maulana (Tirto.id, Jakarta), Iqbal Lubis (Pewarta Foto Lepas, Makassar), Iqbal Septian Nugroho (merdeka.com, Jakarta), Jamal Ramadhan (kumparan.com, Jakarta), Mas Agung Wilis Yudha Baskoro (Jakarta Globe, Jakarta), Riska Munawarah (Pewarta Foto Lepas, Banda Aceh), Rivan Awal Lingga (Antara Foto, Jakarta), dan Sutanto Nurhadi Permana (Harian Umum Galamedia, Bandung).



Predikat The Best Work tahun ini jatuh kepada Iqbal Lubis dengan karya bertajuk Rambo di Teluk Jakarta dan sebagai Runner-Up Riska Munawarah dengan karya Land of My Land yang akan memperoleh kamera Leica dari Leica Store Jakarta.


Dikesempatan ini juga diumumkan Hendra Eka dari Jawa Pos alumni PPG tahun 2018 sebagai penerima beasiswa Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020 didukung penuh Erasmus Huis/ Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia.  Melalui program ini 6 alumni PPG telah berkesempatan magang di agen foto terkenal dunia, NOOR, mengerjakan proyek foto mereka dengan bimbingan mentor Internasional Kadir van Lohuizen serta menghadiri acara World Press Photo Awards Day di Amsterdam, Belanda.



Beberapa pewarta foto bereputasi dunia seperti Sasa Kralj (Kroasia), Kadir van Lohuizen (Belanda) co-founder NOOR photo agency, dan Jenny Smets (Belanda) kurator independen untuk pameran fotografi, pengajar, konsultan dan editor foto, hadir ke Indonesia untuk membantu peserta dalam proses tugas akhir, berbagi dalam seminar publik dan Forum Editor Foto.