• Vicharius DJ

Renungan Waktu Harishazka Fauzan

Harishazka Fauzan terkurung dalam renungan waktunya sendiri. Ia mengamati detik demi detik waktu yang berputar lalu mengubahnya menjadi sebuah rangkaian karya abstrak. Saat itu baginya waktu menjadi semakin cair, tidak stabil, dan lebih banyak bagian-bagian dari kehidupan kita yang berganti ke ruang virtual.


Rangkaian karya abstraknya kini dapat disaksikan secara langsung melalui pameran tunggal perupa muda ini. “Past, Present, Feature” adalah tajuk yang ia sematkan ketika membuka pameran di galeri RUCI Art Space. Ini merupakan sebuah karya cinta selama dua tahun lamanya oleh seniman Harishazka.

Ia menyatukan 11 komposisi yang diproduksi selama masa pengurungan diri yang penuh gejolak. Seperti biasa, ia menggunakan gaya khasnya berupa abstraksi geometris berwarna-warni untuk menyelidiki relevansi waktu di masa lalu, sekarang, dan masa depan.


Eksplorasi yang mendalam tentang pengertian temporalitas yang dipengaruhi oleh isolasi mengungkap beberapa keinginan pribadi yang terpendam, soal keseimbangan yang lebih sehat antara waktu kerja dan setelah bekerja, praktik yang lebih baik untuk menavigasi dunia digital, dan mengungkap batas baru dalam praktik kreatifnya.

Isolasi diri sepertinya mengakibatkan sebuah perubahan dalam ciri khas Harishazka yang terlihat dari kehadiran elemen grafis baru yaitu serangkaian lingkaran yang saling terkait, berkelok-kelok dan melengkung melalui komposisinya. Gelombang-gelombang ini meniru lika-liku dari sisi emosional


Harishazka yang berjuang untuk menemukan ketenangan di tengah masa ketidakstabilan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Karyanya mengamati waktu yang tampaknya semakin cair dan tidak stabil. Harishazka, atau yang lebih akrab dipanggil Azka, mengajak kita untuk tidak hanya mempertanyakan cara-cara di mana kita terburu-buru beribadah dan mengatur waktu, tetapi juga bagaimana kita bisa menempatkan diri kita di dalamnya.


Lewat “Past, Present, Future”, Azka mencoba untuk memahami cara menavigasi ruang waktu digital melalui bentuk-bentuk geometris, lingkaran yang saling terkait serta sinar lampu fluoresen. Tertarik mengamati renungan waktu Azka? Anda bisa menyaksikannya hingga 26 Mei mendatang. Silakan berkunjung!

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua