• Vicharius DJ

Saat Seniman Kembali ke Ruang Privat

Milisifilem Collective kembali lagi secara Daring dalam sebuah proyek seni bernama Montage: Found Object. Pada siaran persnya, kurator Milisifilem, Hafiz Rancazale mengatakan di dalam situasi penjarakkan sosial dan penjarakan fisik karena pandemi Covid-19 saat ini, tiap individu dipaksa untuk tinggal di ruang-ruang privat, yang sebelumnya sering terabaikan sebagai ruang 'utama' saat kita memulai interaksi sosial.


Menurutnya ruang-ruang privat itu menyimpan berbagai artefak kultural tiap-tiap orang yang tinggal di dalamnya. Berbagai artefak itu menyimpan sejarah personal dari orang-orang yang memilikinya, yang tentunya punya relasi sosial merujuk pada perjalanan artefak atau benda-benda itu sebelumnya.


Potensi arkeologis, antropologis dan sosiologis pada benda-benda keseharian yang personal itu dapat menjadi 'bahasa visual' dalam eksperimentasi persoalan kekinian. Pada proyek seni ini, para partisipan diajak untuk menyusun ulang benda-benda maupun artefak temuan di ruang-ruang privatnya, dengan interpretasi personal yang tentunya bisa sangat luas.



Ia dapat disusun ulang, dikombinasikan ataupun diintervensi secara personal menjadi susunan dengan makna baru. Oleh para seniman, susunan-susunan itu dibingkai dalam rekaman fotografi yang secara utuh dilihat sebagai satu kesatuan komposisi tak terpisahkan.


Susunan benda dan artefak itu menjadi karya fotografi benda-benda, yang secara bebas dapat dilihat sebagai karya fotografi ataupun objek temuan yang dibekukan dalam medium dua dimensi.



Tentu saja praktik-praktik seni dengan objek temuan ini bukan hal yang baru. Namun, dalam proyek seni Montage: Found Objects memberi ruang kepada para partisipan untuk merelasikan kembali hubungan personalnya dengan benda-benda dan artefaknya, sebagai refleksi terhadap situasi penjarakkan sosial yang diberlakukan saat ini.


Proyek ini melihat secara kritis bagaimana tiap-tiap individu punya ruang-ruang 'terlupakan', yang pada hakikatnya punya hubungan yang sangat erat bagaimana situasi sosial kita berubah dan bergerak hingga saat ini.



Presentasi Proyek Seni 'Montage: Found Objects' dihadirkan dalam kanal media sosial Milisifilem Collective @milisifilem, mulai 15 Juni hingga 10 Juli 2020. Output akhir dari proyek seni ini adalah berupa buku 'Montage: Found Objects', berisikan kompilasi karya-karya partisipan dan esai kritis tentang karya-karya yang dihadirkan selama proyek berjalan.


Partisipan proyek seni Montage: Found Objects adalah Ahmad Humaidi, Alifah Melisa, Anggraeni Widhiasih, Dhanurendra Pandji, Dhuha Ramadhani, I Gde Mika, Luthfan Nur Rochman, Maria Deandra, Niskala H. Utami, Raras Umaratih, Robby Ocktavian, Syahrullah, Taufiqurrahman, Theo Nugraha, Wahyu Budiman Dasta, dan Yonri Revolt.



SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon