© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Warna-warni Selebriti dalam IFW 2016

13 Mar 2016

 

Pekan ini tampaknya jadi milik industri kreatif nasional. Berbarengan dengan pelaksanaan pameran furnitur, desain, dan industri mebel, dunia fesyen pun memiliki hajatannya sendiri dengan kehadiran Indonesia Fashion Week 2016. Tema yang dipilih dalam gelaran tahun ini adalah Casual Modern yang melibatkan lima desainer ternama seperti Dana Duryanto, Nadia Ummami, Funny by You Are So Funny, ATS the Label, dan SAO.

 

Kelimanya menghadirkan kreasi perpaduan Indonesia dengan model busana modern.Ya, kain Indonesia seperti tenun banyak mendominasi pergelaran busana kali ini. Kain tenun tersebut kemudian diaplikasikan dalam dress, celana hingga vest. Seperti yang dihadirkan Dana Duryanto yang menghadirkan busana bermotifkan tenun dengan konsep busana yang modern. Pocho menjadi salah satu item yang mendominasi pergelaran busana.

 

Poncho dengan motif tenun ini dijadikan baju, yang kemudian dipadukan dengan legging tribal. Nuansa etnik juga terlihat dari koleksi dress Dana yang membuat tenun menjadi indah. Sementara itu, SAO turut menyajikan kain tenun dengan gaya kasual feminin. Kain tenun diaplikasikan dalam dress asimetris yang unik.

 

Menariknya tahun ini gelaran industri fesyen tak hanya diramaikan para pemain lama namun juga pendatang baru yakni para desainer dari kalangan selebriti. Sebut saja Raffi Ahmad melalui label RA Jeans, Aleabe yang digawangi oleh penyanyi Melly Goeslaw, Kain oleh Diva Indonesia Rossa, dan Ivan Gunawan dengan label fesyen Jejaka.  Keempatnya digabungkan dalam satu panggung di Stage 2 IFW 2016 dengan tema Star on Famous. Deretan koleksi pun dihadirkan brand yang didirikan oleh suami dari artis Nagita Slavina, ini, seperti T-shirt, denim, outterwear, jaket, hingga sweater hoodie.

 

Sementara koleksi-koleksi yang didesain oleh Selly Justaty memiliki kesan trendy, kasual dan membebaskan pemakainya untuk bergerak aktif. Koleksi-koleksi ini juga terlihat sangat colorful, karena beragam warna yang dihadirkan, seperti merah, kuning, hijau hingga biru.

 

Pagelaran busana pun dilanjutkan dengan deretan busana karya Kain yang dimotori oleh penyanyi Rossa. Dalam koleksi bertema Kinanti, Rossa menghadirkan beragam busana dengan siluet modern. Busana outerwear, crop top, rok, hingga jumpsuit pun dihadirkan dalam koleksi Kain kali ini. Bahan-bahan seperti silk, brukat hingga kain bermotif ikat Bali dipilih oleh Rossa membuat koleksinya terlihat semakin feminin dan modern.

 

Keunikan selalu dihadirkan oleh penyanyi Melly Goeslow dalam setiap busana yang ia kenakan. Ini pulalah yang dihadirkan oleh koleksi Aleabe. Busana yang bisa dikenakan oleh semua gender ini hadir dengan potongan asimetris yang cukup unik dengan detil rumbai di beberapa bagian yang terbuat beragam bahan.

 

Siluet 'gombrong' dihadirkan dalam potongan busana yang didominasi oleh mantel, outerwear, hingga blouse. Motif-motif tartan dan material wol pun dipilih Aleabe untuk koleksi ini.

 

Sebagai penutup, hadir Jejaka karya Ivan Gunawan dengan tema Sporty 30's. Koleksi yang terinspirasi dari olahraga tenis di tahun 1930an ini hadir begitu segar dan fleksibel lewat ragam batik khusus lelaki. Dalam koleksi ini, Ivan memadukan tiga hingga empat motif batik yang ia padukan dengan bahan katun, agar bisa lebih dicintai oleh anak-anak muda.

Please reload

Membongkar Dapur Penonton di Festival Teater Jakarta 2019

Membumikan Kembali Tradisi Ulos Batak

Membaca Ulang Karya Lawas Seniman Jakarta

Memandang Mitos Lewat Dua Perupa Lintas Generasi

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU