© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Selfscape, Lukisan Potret A la Xie Dongming

2 Mar 2017

Perupa asal negeri Tirai Bambu, Cina Xie Dongming mencoba mempopulerkan sebuah tren dalam dunia modern saat ini, Selfie alias berfoto sendiri, ke dalam dunia seni rupa. Ia mengumpulkan ragam lukisan potret yang diambil dari negaranya. Melalui karya lukisan-lukisannya, Dongming tak hanya mencatat ‘apa yang ada’ melainkan mewujudkan gagasan tentang kehidupan dan budaya Cina yang terus bergerak.

 

Di Gedung D Galeri Nasional, Jakarta, Dongming memamerkan karyanya melalui pameran bertajuk 'Selfscape'. Lukisan-lukisan potret ciptaannya bersifat ekspresionisme dan tidak selalu realistik. Kekuatan ekspresi lukisan-lukisan Dongming berada sekaligus di antara gagasan tentang image bentuk (identitas) yang digambarkannya dengan kekuatan teknik dan material pewarna yang dikerjakannya.

 

 

Dikuratori oleh RizkiA Zaelani, Selfscape dipilih karena sebagai cara untuk memahami karya yang diciptakan Dongming. “Lukisan-lukisan Dongming dikerjakan untuk meraih lapisan-lapisan pengalaman yang terdalam mengenai seseorang (yang lain dari kita sendiri),” kata Rizki.

 

Lukisan-lukisan potret yang dikerjakan Dongming memang tidak sepenuhnya realistik melainkan justru bersifat ekspresif dengan cara pendekatan yang tak sama dalam pemakaian medium dan idiom seni lukis tertentu (apakah dikerjakan dengan teknik cat air ataupun cat minyak). Kekuatan ekspresi lukisan-lukisan Dongming berada sekaligus diantara gagasan tentang image bentuk (identitas) yang digambarkannya dengan kekuatan teknik dan material pewarna yang dikerjakannya.

 

 

 

 

‘Penyimpangan’ bentuk yang dihasilkan oleh cara melukis yang ekspresif ini tidak hanya menjadikan hasil karyanya terasa dekat dan hangat karena seakan menyapa dimensi perasaan kita yang mengamati karya-karya tersebut, namun juga sekaligus merangkum pengalaman interaksi hidup yang mengandung intensi penghayatan dan nilai.

 

Selfscape akan menampilkan lukisan-lukisan mutakhir Xie Dongming yang menunjukkan hasil penjelajahannya di berbagai tempat (budaya) di daratan Cina juga di luar Cina termasuk di Indonesia saat ia pernah memiliki kesempatan untuk mengunjungi dan mengamati warga di daerah sekitar Yogyakarta.

 

Xie Dongming dikenal sebagai salah satu tonggak pendidikan tinggi seni rupa di Tiongkok. Dia adalah seorang profesor seni lukis di Central Academy of Fine Arts Beijing. Sosok Xie Dongming menjadi salah seorang pelopor kemajuan seni lukis (realis) Tiongkok dengan proyek perjalanan dan studi mereka ke berbagai pelosok budaya-budaya lokal. Dongming aktif mengikuti pameran di berbagai negara, beberapa di antaranya di Indonesia, Jepang, Rusia, Italia, Prancis, Jerman, Hungaria, Inggris, dan Amerika Serikat.

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU