© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Eksplorasi Estetis Tiga Kartini Modern

27 Apr 2017

Perupa kontemporer sepert Rina Kurniyati bisa dibilang cocok dengan kriteria perempuan modern. Dia bisa menjadi salah satu representasi Kartini modern yang mampu menghasilkan karya apik dalam dunia seni rupa. Seperti saat dirinya terlibat dalam pameran tiga perupa bertajuk, Time Lovers-Kreativitas Ibu Sepanjang Masa, di Galeri Nasional, Jakarta.

 

Rina menggunakan medium kaca dan enamel dalam karyanya. Melalui karya lukisan kaca hiper realis, Rina seakan ingin mematahkan anggapan bahwa melukis realis yang selama ini hanya dapat dicapai melalui cat minyak atau akrilik pada kanvas. Nama Rina tak sendirian. Ada dua perupa lain yang ikut, Neneng Sia Ferrier dan Ika Yuni Purnama.

 

 

Neneng memiliki kekuatan dalam menghadirkan figur dengan’leher jenjang’. Ia juga menampilkan karya instalasi dengan tema lotus, karya instalasi ini merupakan satu-satunya karya mixed media dari total 20 karya seni yang dipamerkan. Sementara Ika mengedepankan komposisi dan kekuatan warna dalam semua karyanya. Cara tersebut membuatnya terkesan tampil sebagai perupa yang dinamis dan penuh energi.

 

Time Lovers diselenggarakan bertepatan dengan Hari Raya Kartini. Ia terinspirasi dari lagu anak di era 1970-an berjudul 'Kasih Ibu' itu dibuka pada 21 April mendatang.  Kurator Citra Smara Dewi mengatakan pameran ini memiliki makna tersendiri karena terdapat upaya melakukan eksplorasi estetis melalui pendekatan medium baru.

 

 

Pameran Perupa Perempuan Time Lovers-Kreativitas Ibu Sepanjang Masa berlangsung pada 21 April – 6 Mei 2017, di Gedung B Galeri Nasional Indonesia. Ia terbuka bagi umum atau siapapun yang berminat dalam dunia seni rupa.

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU