© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Festival Negeri Sakura di Selatan Jakarta

20 May 2017

Tak perlu jauh-jauh ke negeri Sakura, Jepang, bila hanya untuk menikmati festival budayanya. Di Selatan Jakarta, tepatnya di Blok M Square, agenda tahunan Ennichisai 2017 kembali digelar pada akhir pekan lalu. Kali ini tema yang dialmbil Challenge, dengan logo daruma yang berkaitan dengan pepatah ‘nanakorobi yaoki’ yang berarti “tujuh kali jatuh, delapan kali bangun.”

Maknanya cukup dalam dan penyelenggara berharap Ennichisai tahun ini menjadi simbol pantang menyerah dalam menggapai harapan dan impian. Ennichisai 2017 dimeriahkan oleh penampilan Guest Star dari dalam negeri maupun dari negeri Jepang sendiri. Selain pertunjukkan panggung, di Ennichisai juga terdapat ratusan booth makanan asal Jepang da berbagai pernak pernik. 

Selain itu ada dua panggung di Ennichisai tradisional dan modern culture. Tradisional stage tempat yang memperkenalkan budaya Jepang yang sesungguhnya pada pengunjung di mana akan ada keramahan, kerjasama juga perhatian dalam setiap hal yang ditunjukan. Tradisional stage terdiri dari Stage performance dan Street Performance meliputi “Mikoshi”, “Wadaiko”, “Eisa”, “Shamisen”, “Koto” “Yosakoi Contest”, “Nihon Buyou”, “Oiran Dochu” dan “Shishimai”. Ennichisai 2017 akan semakin meriah dengan kehadiran perfomance dari Jepang.

Sementara itu modern culture stage berkolaborasi dengan event CLAS:H kemarin. Isi acaranya pun sangat beragam dari CLAS:H Single Cosplay Competition, CLAS:H Grand Final dan penampilan Idol Grup seperti JKT48, Shojo Complex, Enka Girls, Tokyo Samurai Girls & Addiction. Para musisi pun akan menambah kemeriahan di stage ini seperti Keisuke Ito, Hiroaki Kato, Yumi Intan, REDSHiFT, Narita Rei, Mori Tsubasa, dan masih banyak performers lainnya.

Tak jarang, jalan menjadi sedikit tersendat karena kepadatan pengunjung. Para pengisi acara pun tampil semangat mengisi tiga panggung yang terletak diberbagai sudut kompleks blok M. Pop Stage kembali diisi oleh deretan bintang tamu dengan membawakan budaya pop Jepang seperti, idol group, DJ, band, dan cosplay. Panggung lainnya yang menjadi Main Stage menyajikan hiburan tradisional Jepang yang beberapanya dikolaborasi budaya Indonesia. Panggung satunya lagi diisi oleh komunitas pecinta Jepang yang siap menghibur para pengunjung.

Deretan tamu international seperti Addiction, Kissbee, Tokyo Samurai Girls, Enka Joshi, Ear Candy Jazz Factory dan masih banyak lagi akan kembali tampil. Tentu saja tamu spesial JKT48 akan tampil. 

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU