© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Reinkarnasi Gayatri dalam Gerak dan Tari

23 Oct 2017

Menghidupkan kembali sosok besar kadang menjadi tantangan sendiri bagi seniman, termasuk sosok besar nan penting seperti Gayatri Rajapatni. Ia adalah salah satu istri raja Majapahit, Raden Wijaya. Legenda mengenalnya sebagai figur yang welas asih dan sangat menginginkan persatuan negeri melebihi apapun.

Karakter unik inilah yang menarik perhatian seniman tari dan teater, Sha Ine Febriyanti. Tantangan bagi Ine, sapaannya, menginterpretasikan sosok ini dalam wujud tari dan teater dengan tajuk, Gayatri; Reinkarnasi. Bukan hal mudah tentu karena Ine harus berhadapan dengan sosok istimewa yang hidup 8 abad lalu. 

Ine sendiri meyakini konsep kelahiran kembali. Itulah yang membuatnya tertarik menelusuri sejarah wanita penting di era berdirinya Majapahit tersebut. Gayatri meninggalkan kehidupan duniawi dan memilih menjadi pendeta Buddha.

Narasi dan cita-cita Gayatri sendiri membuat Sha Ine Febriyanti terus berhadapan dengan sejarah, cita-cita Kertanegara, Raden Wijaya, Jayanagara, Palapa, Adhityawarman, Bubat, dan reruntuhan Majapahit. Sha Ine Febriyanti mencari Gayatri dalam logika karma, mempersembahkan sebentuk tarian Moksha. 

Selama sekitar 60 menit, para penikmat seni disuguhkan kisah Gayatri yang disutradarai oleh Yustiansyah Lesmana dan penata gerak Elly D Luthan.Penampilan Sha Ine Febriyanti sebagai Gayatri berhasil menghipnotis para penikmat seni di Auditorium Galeri Indonesia Kaya.

“Semoga pementasan ini memberikan pengetahuan lebih dalam mengenai sosok ibu para raja Majapahit ini,” papar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation. 

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU