© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Ruang Abstraksi Sembilan Seniman

24 Oct 2017

Songo atau sembilan. Angka ini memang kadang memiliki makna mendalam. Mitologi, sejarah, hingga konglemerasi seringkali menggunakan angka sembilan. Dalam dunia senipun demikian. Sulebar M Soekarman, Nunung WS, Irawan Karseno, dan Baron Basuning adalah empat dari sembilan seniman yang berpameran dalam pameran seni bertajuk Sembilan Ruang Abstrak.

Selain empat orang itu, nama lain yang ikut berpartisipasi adalah Ar. Soedarto, Andi Suandi, Gogor Purwoko, KrishnaEta, dan FX. Jefrrey Sumampouw. Para seniman yang berpartisipasi tak hanya menampilkan lukisan abstrak tapi juga media baru. 

Kepala Galeri Nasional Indonesia Tubagus 'Andre' Sukmana mengatakan pameran ini merupakan momen penting menyatukan 9 perupa abstrak dengan banyak gagasannya. “Dilihat dari jam terbang dan pengalaman mereka, karya yang dipajang mereka bukan hanya keindahan visual tapi juga kegelisahan dalam memaknai banyak hal di dunia ini,” kata Andre.

Menurutnya, dengan menggelar eksibisi Sembilan Ruang Abstrak, publik diharapkan dapat melihat, mengenal, mempelajari, dan berkreasi melalui seni lukis abstrak. “Masyarakat juga bisa lebih dekat mengenal karya seni abstrak yang ada di Indonesia.” 

Kurator pameran seni, Pug Warudju menambahkan angka 9 bukan hanya menjadi simbol jumlah peserta, tapi juga menjadi 'transendensi' sebagai puncak kesempurnaan dari bilangan. “Seni lukis abstrak adalah wahana untuk mengolah jiwa, menyemai hening hingga sampai kulminasi spiritual dan membagikannya sebagai alat pencerahan bersama,” pungkasnya.

Pameran berlangsung pada 11-30 Oktober 2017 di Gedung D, Galeri Nasional Indonesia. Ada 25 karya lukisan dan dua video art yang dipamerkan. Jangan sampai ketinggalan ya! 

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU