© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Tulang Rusuk di Balik Karya Para Seniman

18 Dec 2017

Di balik pria yang sukses terdapat peran istri yang tak terhitung banyaknya. Begitulah ungkapan lawas yang menggambarkan bahwa kodrat suami dan istri harus saling mendukung satu dengan yang lain. Suami yang identik dengan Adam tak akan bisa sukses menjalani hidup tanpa peran tulang rusuknya, Hawa.


Pesan itulah yang ingin disampaikan Komunitas seniman Malam Jumat Kliwon (MJK) saat mengadakan pameran lukisan di Bentara Budaya Jakarta dengan judul Tulang Rusuk. Pameran lukisan yang diselenggarakan sejak 13 Desember 2017 ini memamerkan berbagai macam karya lukisan dengan berbagai teknik dari 31 seniman yang bergabung.

Tulang rusuk sendiri memiliki arti tersendiri dari penyelenggara yaitu Dewa Made Mustika yang ingin memberikan apresiasi kepada para istri seniman yang sudah mendampingi para seniman sehingga dapat menghasilkan karya-karya terbaiknya. “Jadi seniman itu kan susah, hidupnya gak jelas. Tetapi seiiring berjalannya waktu istri mendampingi, tetap sabar, itu yang diekspresikan lewat lukisan ini,” ujar Dewa Made Mustika.


Dewa sendiri memamerkan lukisannya yang berjudul 'Dewi Sendang' dan menggambarkan tentang Dewi Sendang yang menceritakan tentang "perempuan" penjaga mata air. “Air itu adalah bagian terpenting dalam hidup. Salah satu penyangga dalam hidup itu adalah air dan bisa dikatakan ya istri juga,” ujar Dewa.

Terdapat juga kritik lain yang dirinya sampaikan lewat lukisan Dewi Sendang tersebut ialah dimana saat ini air bersih menjadi persoalan di masyarakat yang disebabkan oleh alam yang sudah tidak dijaga seperti misalnya jumlah pohon yang semakin berkurang. Uniknya pameran ini membuka acaranya pada malam jumat kliwon, sesuai dengan nama komunitas mereka dan dibuka pada pukul 19.30.


Pameran ini masih ada hingga tanggal 22 Desember 2017 mendatang dan tidak hanya pameran, MJK juga mengadakan workshop seperti workshop menggambar dan sketsa. 

Please reload

Seek-a-seek #2 Merespon Tantangan di Dunia Desain Grafis

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU