© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Goresan Tinta Emas Kim Il Tae yang Begitu Mewah

21 Dec 2017

Satu gram emas meskipun tampak kecil namun nilainya begitu berharga. Nah, coba Anda bayangkan bila emas itu diwujudkan dalam bentuk seni lukis. Satu-satunya seniman yang sanggup mewujudkannya hanyalah Kim Il Tae, seorang pelukis asal negeri Gingseng, Korea. Setidaknya itulah yang diklaim Jimmy Sutopo, kolektor seni dari Gallery Artpreneur Centre.


Lukisan Kim Il Tae sebenarnya tak ubahnya seperti lukisan khas Korea lainnya. Kehidupan orang Korea menjadi inspirasi utama dengan sajian citra motif bunga matahari, naga, kuda dan kehidupan rakyat Korea tradisional. Karena itulah para penikmat seni kerap menyebutnya sebagai Korean Gold Painting.

Kim cukup nekat karena lukisan yang dibuatnya benar-benar diciptakan dari kangdungan emas 24 karat. Jangan tanya berapa harganya ya! Jimmy bilang, beberapa lukisan ini sudah dikoleksi oleh tokoh-tokoh dunia seperti Bill Gates, Oprah Winfrey, CEO Google Eric Schmidt, Madona dan keluarga Kerajaan Inggris.


Lalu mengapa dirinya berani mengenalkan lukisan emas ini pada publik di Jakarta? Dia menjelaskan alasan Gallery Artpreneur Centre memamerkan lukisan emas dengan kisaran harga US$1 juta karena masyarakat Indonesia sangat menyukai emas, termasuk dalam berinvestasi.


Dengan demikian, memiliki lukisan Kim Il Tae tidak ubahnya seperti orang yang berinvestasi dalam bentuk emas. Sehingga lukisan itu seperti emas batangan, yang juga bisa dinikmati sebagai karya seni. Apalagi, imbuhnya, harga lukisan itu pun cenderung terus naik dari pameran ke pameran, yang sebelumnya di pamerkan Shanghai dan terakhir di London, ada yang terjual mencapai US$2,5 juta.

Jimmy berharap pameran lukisan yang dihelat Gallery Artpreneur Centre dapat menjadi inspirasi bagi para seniman Indonesia untuk terus berkarya dan sekaligus menciptakan standar baru dalam dunia seni di Tanah Air.


Selama ini Gallery Artpreneur Centre menampilkan karya-karya seni pelukis Indonesia, baik masterpiece klasik seperti Affandi, Le Man Fong hingga Raden Saleh, maupun lukisan modern kontemporer. Sebelum sampai di Indonesia, lukisan emas karya Kim Il Tae yang sebelumnya telah dipamerkan di galeri seni kontemporer terbaik dunia, Galeri Sachi London di London.


Tertarik untuk melihat kemewahannya? Kunjungi saja pameran ini yang dibuka untuk publik hingga akhir Desember mendatang. 

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU