© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Salone del Mobile Milano, Ajang Adu Kreatif Seni Kriya Tingkat Dunia

15 Jan 2018

Sudah bukan rahasia lagi bila Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak talenta kreatif khususnya dalam sektor kriya dan desain. Maka dari itu, untuk lebih mengangkat mereka ke pentas dunia, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendorong para talenta in untuk terlibat dalam agenda besar di tahun 2018 ini, Salone del Mobile Milano.


Berlokasi seluas 147.019 meter persegi di Milan Fairgrounds, RHO, sebuah kawasan bisnis yang terletak di kota Milan. Perhelatan ini akan menampilkan lebih dari 1.257 ekshibitors berskala internasional, menarik lebih dari 363.000 pengunjung. Dan, Indonesia berhasil mendapatkan stan di RHO Fiera Milano.

60 persen pengunjung acara ini adalah trader dari 165 negara di dunia. Para ekshibitor yang tampil pun sudah melalui kurasi oleh seniman internasional, desainer, dan arsitek sebab Salone adalah perpaduan antara bisnis dan budaya.


Joshua Simandjuntak, Deputi Pemasaran Bekraf mengatakan, target Indonesia di ajang ini adalah membawa produk kreatif Indonesi baik barang dan jasa ke ranah global dengan menarik investor, menjalin kerjasama antarnegara, jaringan, proyek, dan pasar internasional. Menurutnya Bekraf akan membantu para talenta kreatif memromosikan jasanya dan membawa produk Indonesia dari industri yang berbasis desainer untuk dipasarkan.

Hal yang berbeda pada tahun ini dibanding tahun sebelumnya yaitu peserta pameran yang dikurasi terdiri dari talenta kreatif dan produsen. Dua kategori ini sudah diumunkan melalui open call yang dibuka pada 9 Desember 2017 hingga 15 Januari 2018.


Target dari Talenta kreatif adalah para desainer produk, desainer furnitur, dan desainer interior yang berkomitmen untuk melakukan proyek skala internasional. BEKRAF akan memrosoikan jasanya melalui ajang internasional ini. Sementara itu kategori industri merupakan industri yang menghasilkan produk furnitur, aksesoris interior, dan furnishing.

Industri yang dipilih adalah industri yang menghasilkan produknya berdasarkan kinerja desainer baik sebagai tim desainer in house maupun kontrak (outsourced). “Base on designer ini yang membedakan produk yang dipromosikan Bekraf dengan perindustrian dan perdagangan,” kata Joshua.


Joshua mengatakan Bekraf tak hanya mengutamakan produk berkualitas tetapi juga mempertimbangkan kerja kreatif desainer. Target industri dipilih bertujuan untuk menjaring pembeli internasional. Harapannya, produk yang dipamerkan di Paviliun Indonesia memang produk yang siap memenuhi permintaan internasional baik dari sisi kualitas, legalitas, kontinuitas, dan kuantitas.


Hingga kini, sudah ada 34 pendaftar yang masuk di antaranya 25 desainer dan sembilan industri. Salone del Mobile Milano 2018 akan diselenggarakan pada 17-22 April 2018. Perhelatan ini bersamaan dengan Tortona Design Week di Tortona, Milano Design Week di Brera Design District, Triennale Di Milano, Ventura Lambrate & Ventura Centrale, dan lokasi lain di kota Milan. 

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU