© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Desain yang Bukan Sekedar Penyegar Mata

12 Mar 2018

Cosmas Gozali, arsitek kenamaan Indonesia terlibat dalam sebuah proyek instalasi. Sebuah desain yang dia buat untuk menghubungkan daerah komersial dan residensial di daerah Simprug, Jakarta Selatan.

Ia menamainya, Passaggio yang berarti penghubung. Desain ini ia bangun bersamaan dengan agenda Italian Design Day yang berlangsung hingga 16 Maret mendatang. 

Karena terkendala izin dari kelurahan, Cosmas dan timnya lalu membuat pendestiran imajiner dalam bentuk instalasi sepanjang 24 meter. Dia menggunakan bambu dan botol sebagai bahannya dengan maksud bahwa ide kreatif dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak selalu arsitek. Botol-botol dapat dibentuk menjadi vertikal garden.

“Saya tidak hanya ingin membuat sebuah desain, saya ingin orang punya kesadaran bahwa ada yang bisa dibuat dari materi tak berguna seperti ini. Supaya setiap orang yang lewat mempunyai eksperience. Konsep tersebut sengaja digaungkan untuk memberikan contoh kenyamanan menggunakan jalan penghubung,” ujar Cosmas.

Selain itu, bangku yang dipajang di sepanjang trotoar mampu meredam kejenuhan di sepanjang perjalanan. Orang yang duduk-duduk di bangku di sepanjang trotoar mampu mengalihkan keruwetan kemacetan jalanan.

Menurutnya, para pengendara merasa lebih enjoy walaupun di tengah kemacetan. Mereka bisa mengalihkan pandangan sejenak ke orang yang tengah duduk-duduk di bangku sebelum menginjak gas kendaraan kembali. 

Konsep instalasi tidak lain mengacu pada konsep Italia Design Day edisi kedua yaitu adanya hubungan desain dan keberlanjutan yang dilihat dari sisi ekonomi, sosial dan lingkungan. Masyarakat akan sadar tentang kehidupan di masa datang ketika banyak para pengunjung yang akan datang ke Indonesia sekedar untuk berlibur atau menetap di Indonesia.

Dalam kesempatan Italian Design day yang kedua ini, kementerian Italia dan kerjasama Internasional ini telah menunjuk arsitek Alessandro Luigi Colombo sebagai design ambassador Italia di Indonesia. Italian Design Day kali ini juga untuk mendung The Salone del Mobile, sebuah ajang desain bertaraf internasional yang akan berlangsung di Milan, 17 sampai 22 April mendatang. 

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU