© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Regenerasi Gagasan Seni dari Kertas

26 Mar 2018

Seni kertas atau karya seni yang mengandalkan kertas sebagai kekuatan utama mulai meranjak naik. Di Jepang, seni kertas lebih dikenal dengan Origami namun sebenarnya, seni kertas tak hanya sebatas pada bentuk dan dimensinya. Ugo Untoro, perupa asal Yogyakarta adalah salah satu yang mengandalkan komik sebagai landasan seni kertasnya.

Perupa asal Yogyakarta itu akan menggelar pameran tunggal bertajuk “...Marang Ibu” saat pembukaan galerikertas Studio Hanafi, Cinere, Jakara. Menurut Ugo, komik merupakan salah satu bentuk karya seni yang pertama dikenalnya selain boneka, wayang, maupun film kartun.  

“Komik menarik karena dalam sebuah buku kita menemukan teks dan gambar. Teks dan gambar ini saling bahu membahu membangun sebuah cerita,” ungkap Ugo.

Selain komik, Ugo bakal memajang karya kertas lainnya seperti origami dan lebih dari 100 sketsa yang disebut dengan 'tumpukan hari', serta karya-karya kertas lainnya. Ruang edukasi atau promosi yang disediakan Studio Hanafi untuk seniman Indonesia itu menggunakan kertas sebagai medium, materi, atau proses lainnya. 

Perupa Hanafi mengatakan galeri kertas adalah galeri yang membawa kita ke masa lalu. Menurutnya apa yang dikhawatirkan dari kertas bukan fisiknya, tapi yang dikhawatirkan adalah tersisihnya ide, gagasan dan sensitifitas berkarya dengan kertas.

“Tujuan kami adalah memperlambat dan menemukan kembali yang hilang dan kami ingin menanam kembali sesuatu yang lebih subur dari galerikertas,” ujar Hanafi.

Direktur Studio Hanafi itu kembali menjelaskan tujuan berdirinya galerikertas sebagai regenerasi seniman. Nantinya karya seniman muda tersebut akan dibahas dan dikurasi oleh seniman berpengalaman lalu dipamerkan pada bulan berikutnya.

“Sirkulasi seperti inilah yang menjadikan galerikertas sebagai ruang edukasi dan promosi,” ujar penanggung jawab galerikertas Heru Joni Putra.

Pembukaan galerikertas dibuka oleh sejarawan JJ Rizal yang mengurai sejarah kertas. Penampilan usik Bunyi Sunya milik pimpinan Lawe Samagaha akan memeriahkan malam pembukaan. 

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU