© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Cara Unik Beauty Blogger Ekspresikan Cita Rasa Seni

20 Apr 2018

Seni lukis tak melulu dibuat dengan alat lukis seperti cat minyak atau cat air. Ia juga tak melulu dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai perupa. Seni lukis adalah milik siapapun termasuk mereka para beauty blogger atau penulis blog tentang gaya hidup dan kecantikan.

Cobalah Anda berkunjung ke Plaza Indonesia Atrium level 4. Di sana Anda akan menemukan pameran lukisan yang di buat dengan alat komestik oleh 12 beauty blogger seperti Uchita Pohan, Tara Amelz, Lizzie Parra, Agnes Oryza, Michelle Hendra, Soraya Hylmi, Harumi Sudrajat, Andra Alodita, Putricaya, Sarah Ayu, Hellua Puspoyo, dan Kiara Leswara. 


Uchita, seorang pameris sekaligus penyiar radio adalah penggagasnya. Ia sengaja membuat pameran ini sebagai bagian dari rangkaian Plaza Indonesia Beauty Week yang diadakan sepanjang April 2018. Masing-masing berekspresi dengan membuat lukisan yang seluruhnya menggunakan berbagai macam kosmetik, mulai dari alas bedak, lipstik matte, hingga paes pengantin.

Menurut Uchita, terkadang para perempuan kerap melupakan faktor perasaan dalam hal kecantikan. Baginya, cantik tak sekadar makeup dan skincare, tetapi bagaimana seorang perempuan merasa nyaman dengan dirinya sendiri. “Saya bersama 11 beauty blogger lainnya menghadirkan karya seni sebagai wadah untuk mengekspresikan diri. Pada dasarnya kami bukan seniman, tetapi kami menuangkan apa yang kami rasakan menjadi bentuk lukisan,” tutur Uchita. 

 

Ia sendiri melukis dengan menghadirkan banyak warna pada lukisannya yang diwarnai dengan menggunakan eyeshadow, lipstik cair dan bulu mata yang seolah mengibaratkan sebagai mata terpejam. “Kenapa ada bulu mata, maknanya karena dari mata yang terpejam kita bisa lihat hal-hal yang tidak kasat mata tapi terasa di hati. Saat memejamkan mata, terasa ada kebahagiaan, harapan, dan rasa bangga dan itu yang bisa mempengaruhi kecantikan kita,” lanjutnya lagi.


Sementara pameris lain, Hellua menuturkan bahwa karyanya sebagian besar menggunakan lipstik cair. Gambarnya sengaja dibuat dekonstruksi untuk mendefinisikan kembali standar kecantikan yang ada dalam kehidupan sosial.

 

“Tantangannya karena melukis pakai lipstik jadi sulit keringnya. Saya gambar deconstructed yang maknanya untuk menata ulang kembali standar kecantikan yang ada,” tutur beauty influencer yang dikenal dengan akun ‘thelipstickmafiaaa’.
Lain cerita dengan pebisnis makeup sekaligus penata rias Lizzie Parra. Ia mengerjakan lukisannya dua hari sebelum tenggat waktu. Di sini, ia berkreasi menggunakan face painting yang sudah kedaluwarsa dan menambahkan lembaran prada paes pengantin berwarna emas sebagai ornamen lukisannya.

 

Anda yang penasaran ingin melihat ke-12 lukisan karya beauty influencer ini bisa melihatnya langsung hingga 30 April mendatang.

Please reload

Memandang Mitos Lewat Dua Perupa Lintas Generasi

Rayakan Keragaman Seni Rupa dalam In-Art Festival 2019

Lima Jalan Seniman Kontemporer Merespons Keresahan Publik

Merayakan Satu Dekade Batik di Pentas Dunia

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU