© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Persembahan Sanggar Garajas untuk Jakarta

26 Jun 2018

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kota Jakarta yang ke 491, Museum Seni Rupa dan Keramik bekerja sama dengan Sanggar Seni Rupa Plus Garajas menggelar pameran bertajuk ‘Jakarta @Now’. Kepala Unit Pengelola Museum Seni Esti Utami mengatakan, pameran seni rupa semacam ini sebenarnya digelar setiap tahun di Museum Seni Rupa dan Keramik dengan tema yang berbeda-beda.

“Tapi kebetulan tahun ini diadakan dalam rangka peringatan HUT ke 491 Jakarta. Jadi tentang hal-hal yang berkaitan dengan Jakarta maupun pengaruh dari luar yang masuk ke Jakarta,” ucap Esti. 

Dalam kesempatan itu selain pameran seni rupa, ada juga kegiatan lainnya seperti lomba skesta, hingga workshop bagaimana cara membuat skesta atau lukisan. Selain itu juga ada diskusi yang berhubungan dengan tema kesenian. “Kami juga punya misi yang adalah melakukan kerja sama baik perorangan maupun komunitas dan instansi lain dengan komunitas budaya. Jadi ini salah satunya sebagai pembuktian dari visi kami,” ungkapnya.

Kurator Pameran ‘Jakarta @Now’ Citra Smara Dewi mengatakan ada sebanyak 25 seniman dengan puluhan karya yang terlibat. Mereka semua tercatat dalam Sanggar Seni Rupa Plus Garajas yang sudah berdiri sejak tahun 1974 silam.

“Karya yang dipamerkan memang sebagian besar dua dimensi, lukisan, ada cat minyak di atas kanvas, air di atas kertas, pokoknya yang menggunakan media dua dimensi,” ucapnya. 

Sementara itu mengenai tema yang diangkat, menurut Citra sebagian besar mengangkat tema Jakarta maupun Jakarta dalam konteks kritik sosial. Hal juga sekaligus memperingari HUT ke 491 Jakarta.

Salah seorang pengunjung, Sarah (18) mengaku antusias dengan adanya pameran itu. Pasalnya Sarah yang datang bersama teman-temannya, mendapatkan sesuatu yang berbeda dari biasanya. “Kita kan niatnya pengen jalan-jalan sekalian foto-foto aja di Kota Tua. Tapi pas ke sini (Museum Seni Rupa dan Keramik) ternyata lagi ada acara, pas banget ya kan, sekalian aja deh,” ucapnya.

Pameran di museum ini masih terbuka untuk publik hingga 1 Juli 2018 mendatang. Jangan lupa mampir ya! 

Please reload

Memandang Mitos Lewat Dua Perupa Lintas Generasi

Rayakan Keragaman Seni Rupa dalam In-Art Festival 2019

Lima Jalan Seniman Kontemporer Merespons Keresahan Publik

Merayakan Satu Dekade Batik di Pentas Dunia

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU