© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Mengenalkan Wastra Tanpa Batik dan Tenun

16 Nov 2018

Ada yang rindu dengan gelaran kain tradisional? Unit Pengelola (UP) Museum Seni Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispabud) DKI Jakarta menggelar Pameran Wastra Nirbatik Nirtenun bertajuk 'Membuat dan Menghias Wastra Tanpa Alat Tenun' di areal Museum Tekstil Jakarta, Jalan KS Tubun, Jakarta Barat.


Ada alasan khusus mengapa gelaran wastra ini layak Anda kunjungi. Kepala UP Museum Seni Disparbud DKI, Esti Utami menjelaskan, tujuan digelarnya pameran ini untuk mengenalkan lebih dekat kepada masyarakat bahwa Indonesia memiliki kekayaan kain yang luar biasa dengan beragam teknik pembuatan.


“Kami ingin kenalkan kekayaan budaya kita. Bukan hanya kain batik dan kain tenun saja. Tapi juga berbagai macam teknik membuat dan menghias kain yang luar biasa,” ujarnya. 

Dalam pameran tersebut ditampilkan sekitar 85 koleksi kain dari sejumlah daerah di Indonesia dengan beragam teknis pembuatan dan hiasan yang berbeda-beda. Koleksi kain sendiri ada yang merupakan koleksi dari Museum Tekstil dan daerah-daerah lain seperti Bengkulu, Kalimantan Selatan, hingga Sulawesi Tengah.


“Kami berharap akan banyak orang datang ke sini dan mulai mengenal kekayaan kita,” tuturnya.


Fery Farhati Ganis, istri Gubernur DKI Jakarta yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) DKI Jakarta mengajak kaum muda untuk bisa mencintai karya-karya bangsa berupa kain tradisional atau wastra nusantara. 

Menurut Fery, banyak ragam dari wastra nusantara yang selama ini belum diketahui oleh khalayak umum terlebih lahi anak-anak muda. “Jadi hadir ke museum ini untuk melihat Pameran Wastra Nirtenun dan Nirbatik akan menambah wawasan kita dan rasa cinta kita akan bangsa kita. Ternyata banyak sekali karya yang bisa kita banggakan,” tutur Fery.


Ia mengatakan, jika semua karya wastra yang ada dalam pameran tersebut memiliki kesannya masing-masing yang bisa menambah pengetahuan. Maka dari itu, ia pun mengajak anak-anak muda agar tidak segan untuk berkunjung ke Museum Tekstil terkait adanya pameran wastra nusantara.


“Kita bantu siarkan bahwa hari ini ada pameran yang manarik sekali. Saya mengajak semua anak muda melihat di sini,” ujarnya.


Adapun Pameran Wastra Nirbatik Nirtenun (Membuat dan Menghias Wastra Tanpa Alat Tenun) diselenggarakan mulai tanggal hingga 18 November 2018 di Museum Tekstil, Jakarta Barat. 

Please reload

Memandang Mitos Lewat Dua Perupa Lintas Generasi

Rayakan Keragaman Seni Rupa dalam In-Art Festival 2019

Lima Jalan Seniman Kontemporer Merespons Keresahan Publik

Merayakan Satu Dekade Batik di Pentas Dunia

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU