© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Cerita Kertas di Balik Jepretan Foto

22 Mar 2019

Kertas sudah erat dengan kehidupan dan peradaban manusia. Di era modern seperti saat ini, sejak lahir kita bahkan sudah terbiasa menggunakan kertas dalam beragam wujud seperti buku, tisu, koran, hingga kardus kemasan makanan. Setiap wujud kertas ini memiliki ceritanya masing-masing. Namun, kita sendiri terkadang tidak menyadari manfaat dan potensinya.

Di Bentara Budaya Jakarta, 10 fotografer mencoba untuk mengungkapkan pada publik cerita menarik di balik lembaran kertas yang selama ini abai dari pikiran kita. Suhendra, Direktur Sinar Mas APP menjelaskan, salah satu kekuatan utama kertas adalah keterdaurulangan (recyclability) yang tinggi dan kemampuannya untuk terurai penuh secara alami. 

Jika diolah dan didesain dengan tepat, kertas juga bisa memiliki ketahanan yang tinggi terhadap suhu dan cairan sehingga tidak mudah rusak. “Melalui pameran foto ini, kami berharap pengunjung dapat terinspirasi, atau bahkan menginspirasi orang lain, untuk memanfaatkan dan berinovasi dengan kertas demi menjawab berbagai tantangan dunia modern, misalnya sebagai pengganti plastik sekali pakai,” tutupnya.

Tri Agung Kristanto, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas yang bekerjasama dalam pameran ini menjelaskan ide ini berasal dari rekan-rekan fotografer yang kemudian menghasilkan foto-fotonya bukan hanya dalam format digital namun juga hadir dalam format kertas. Dengan kertas orang bisa merasakan betul kebersamaan dan merasakan kehidupan. Itu basis yang diangkat dari cerita kertas ini. 

“Mengapa kertas? Karena dalam format kertas kita bisa berbagi, bisa menonton bersama. Karena di dalam kertas itu, di dalam cetak itu, ada saat untuk berbagi. Berbeda dengan smartphone menjadi sangat personal,” jelasnya.

Ia berharap melalui pameran ini kertas nantinya bukan saja melambangkan kehidupan dan kebersamaan tetapi juga menjadi sumber kehidupan. “Kertas sekalipun sudah bekas tetapi tetap dapat menjadi produk kreatif dan memberi kehidupan. Jadi cerita kertas adalah cerita kehidupan,” tutupnya.     

Please reload

Memandang Mitos Lewat Dua Perupa Lintas Generasi

Rayakan Keragaman Seni Rupa dalam In-Art Festival 2019

Lima Jalan Seniman Kontemporer Merespons Keresahan Publik

Merayakan Satu Dekade Batik di Pentas Dunia

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU