© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Berinteraksi dengan Kreasi Seni dan Teknologi Digital

26 Jun 2019

Di sebuah ruangan seluas 2000 meter per segi lima instalasi dihadirkan. Bukan sekedar instalasi biasa karena yang ini menggabungkan seni dan teknologi digital interaktif. Ke limanya di antaranya adalah 'Animals of Flowers, Symbiotic Lives', 'Graffiti Nature: Lost, Immersed and Reborn', 'Sliding through the Fruit Field', 'Sketch Aquarium', dan 'Light Ball Orchestra'.

Anda yang menyukai seni instalasi dan butuh inspirasi kreativitas bisa berkunjung ke pameran ini di Mal Gandaria City. Pameran seni interaktif bertajuk teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives baru saja dibuka pada 20 Juni kemarin. 

Selain merangsang kreativitas dan imajinasi, instalasi di TeamLab Future Park juga dapat menjadi tempat mempererat hubungan keluarga, antara orangtua dan anak. Pada instalasi 'Sliding through the Fruit Field', misalnya, orangtua dan anak bisa menikmati kebersamaan dengan berseluncur bersama di seluncuran raksasa.

Lalu ada ‘Ball Orchestra' yang memungkinkan orangtua membantu anak meraih bola-bola yang letaknya tinggi dan sulit dijangkau. Secara simbolis artwork itu menggambarkan bagaimana orangtua berinteraksi dengan anak. Bukan hanya menjadikan anak teman bermain tapi juga mendukung impian mereka. 

Instalasi lain ialah Animals of Flowers, Symbiotic Lives. Pengunjung bisa melihat beragam hewan dengan bunga-bunga tumbuh di tubuhnya berjalan sepanjang dinding hitam. Kita bisa berinteraksi dengan mengelus bagian tubuh mereka. Mereka akan menengok, kemudian bunga-bunga di tubuhnya akan menyebar. Perlahan-lahan tubuh binatang itu akan menghilang seiring dengan menyebarnya semua bunga di tubuh mereka.

CEO teamLab Kids Akitae Matsumoto menyampaikan, teknologi digital dalam instalasi seni berevolusi tanpa batas. Alhasil, menurutnya interaksi karya seni dengan pengunjung dan lingkungan sekitar bisa menciptakan momen yang unik. “Aktivitas kreatif individu menjadi kegiatan kreatif kolaboratif sehingga dapat memberikan pengalaman hubungan antarmanusia yang harmonis dan kooperatif,” katanya. 

Untuk memberikan pengalaman yang optimal, penyelenggara pameran teamLab Future Park akan membatasi jumlah pengunjung di setiap sesi. Pembatasan itu dilakukan karena pameran ini ini bakal dikunjungi masyarakat banyak.

Pengunjung bisa membeli tiket melalui www.sgelive.com atau datang langsung. Namun, jadwal berkunjung dibagi menjadi delapan sesi masing-masing 90 menit, mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Harga tiket dibanderol sekitar Rp 148.500 untuk hari Senin sampai Jumat. Pada hari libur atau akhir pekan, harga tiket ditetapkan Rp 165 ribu.  

Please reload

Membongkar Dapur Penonton di Festival Teater Jakarta 2019

Membumikan Kembali Tradisi Ulos Batak

Membaca Ulang Karya Lawas Seniman Jakarta

Memandang Mitos Lewat Dua Perupa Lintas Generasi

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU