© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

100 Desain Benda Kebutuhan Harian Masyarakat Jepang

16 Sep 2019

Para penikmat musik era 1980an sampai 1990an pastilah pernah melihat atau bahkan memiliki alat pemutar musik kaset, Walkman seri WM-2. Saat teknologi Mp3, Mp4 atau bahkan musik daring belum muncul, gadget ini pernah jadi idola pada zamannya. Diciptakan di negeri asalnya, Jepang, WM-2 dibuat pada 1981 dan sempat masuk ke Indonesia.

Jepang memang gudangnya teknologi dan desain alat modern. Ribuan desain yang sudah diproduksi maupun konsep lahir di Negeri Matahari Terbit itu. Sebagian besarnya sudah dinikmati oleh masyarakat Indonesia hingga kini. Ragam desain itu kini kembali diperlihatkan pada publik di Jakarta dan Surabaya pada perhelatan Japanese Design Today 100 yang diselenggarakan The Japan Foundation Indonesia. 

Pada pameran itu, Jepang menampilkan sebagian kebudayaan mereka, dengan memerkan barang-barang unik yang biasa digunakan masyarakat Jepang sehari-hari. Beberapa desain dan barang merupakan teknologi lawas yang akan membawa pengunjung pada memori masa lalu. Salah satunya, desain Walkman seri WM-2 tadi.

“Kami ingin berbagi kepada masyarakat Indonesia tentang kebudayaan kami. Kami ingin orang indonesia melihat kehidupan sehari-hari kami dari pameran ini,” kata Direktur Jenderal Japan Foundation Jakarta, Tsukamoto Norihisa. 

Tsukamoto menjelaskan, pameran kali ini merupakan kelanjutan dari pameran dengan judul serupa, yang telah diadakan pada 2011 lalu di Jakarta. Namun pada pameran tahun ini, ditampilkan versi baru dari sebelumnya, yakni 100 contoh desain Jepang terbaik yang berfokus pada produk sehari-hari. Semua barang yang dipamerkan tidak hanya barang-barang keluaran periode 2000-an. Tapi, ada juga produk keluaran era 1950-an, yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap desain modern.

“Barang-barang di sini dikategorikan berdasarkan kegunaannya, seperti perabot rumah tangga, barang yang berguna saat mengatasi bencana, barang untuk anak-anak, sampai hobi,” lanjutnya. 

Bila berkunjung ke Museum Nasional, Jakarta tempat diadakannya pameran, Anda dapat melihat perabot sehari-hari, seperti penanak nasi, mangkuk, botol kecap Jepang, gelas, bangku, sepeda, lampu, maket, hingga jam dinding.

Pameran Japanese Design Today 100, akan diadakan di dua kota di Indonesia, Jakarta dan Surabaya pada 14-29 September 2019. “Untuk tahun ini kami selenggarakan di dua tempat saja. Di Jakarta itu di sini (Museum Nasional Indonesia) dan di Surabaya itu ada di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS),” tutur Tsukamoto.   

Please reload

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

Apresiasi Karya Tiga Arsitek Lokal di Le Chateau x Brizo

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU