© 2016 Yayasan Design+Art Indonesia

SATULINGKAR.COM

DESAIN  |   SENI   |   BUDAYA

grandkemang Hotel lantai 3

Jl. Kemang Raya 2H, Jakarta 12730

Email: redaksi@satulingkar.com

  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon
  • Grey Instagram Icon

Rayakan Keragaman Seni Rupa dalam In-Art Festival 2019

13 Nov 2019

Ragam seni rupa dengan beragam genre dan gaya mewarnai pesta seni rupa Indonesia. Ya, sejak akhir pekan lalu hingga 18 November mendatang, perhetalan Indonesian Art Festival (In-Art) 2019 sudah meramaikan jagat seni rupa Ibu Kota. Diselenggarakan di Museum Nasional, Jakarta, Ian-Art Festival tahun ini diinisiasi Bengkel Pelukis Militan Indonesia yang bekerja sama dengan putri maestro seni lukis Affandi, Kartika Affandi.

Dalam acara Indonesian Art (In-Art) Festival 2019, akan terdapat sekitar 100 stan pameran ikut berpartisipasi dan memamerkan hasil karya lukisan, patung, dan instalasi seni dari seniman dalam negeri. 

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid juga memberikan apresiasi yang baik terhadap pelaksanaan In-Art 2019. Menurut Hilmar, In-Art 2019 merupakan pergelaran seni rupa Indonesia yang penting untuk mengedukasi generasi milenial sebagai penerus bangsa Indonesia supaya terus melestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia.

In-Art 2019 mengangkat tema Perupa Tradisi Budaya Daerah Adanya Pelukis yang Mengangkat Tradisi Budaya Indonesia untuk Membangkitkan Seni Budaya di Indonesia. Penyelenggaran menargetkan pengjunjung hingga 10.000 orang. Selain pameran lukisan, patung, dan seni instalasi, In-Art 2019 juga akan diisi dengan serangkaian acara menarik lainnya seperti, workshop seni lukis bersama R.M. Yos Soesilo dan Kartika Affandi, batik bersama Hartadi dan instalasi bersama Timbul Raharjo. 

Tidak hanya itu, In-Art 2019 juga akan dimeriahkan dengan live music, Pojok Seni, sebuah area yang diperuntukkan bagi pengunjung untuk ikut melukis dengan media payung, tas, dan lainnya, serta lelang lukisan yang hasilnya akan disumbangkan kepada yayasan difabel serta yatim piatu, dan sesi melukis dengan media sebuah mobil.

Ferdiansyah, anggota Komisi X DPR RI yang ikut hadir dalam pembukaan kemarin mengatakan, banyak seniman lukis tanah air yang berbakat dan memiliki karya yang mengagumkan. Hal ini menjadi bagian dari kebudayaan yang harus didukung. Penyelenggaraan In-Art 2019 dapat menjadi wadah bagi anak negeri untuk memamerkan karyanya. 

“Acara ini bertujuan memberikan edukasi kepada generasi penerus bangsa dan masyarakat mengenai kesenian dan kebudayaan Indonesia. Selain itu, In-Art 2019 juga merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil daya cipta para seniman Indonesia serta menjadi wadah bagi pelaku seni dan pecinta seni Indonesia,” kata Ferdiansyah.     

Please reload

Seek-a-seek #2 Merespon Tantangan di Dunia Desain Grafis

Refleksi Pribadi di Ruang Publik

Di Balik Layar dan Waktu Dua Dekade Karya Andramatin

Kolaborasi Visual Batin dan Kasat Mata

1/1
Please reload

ARTIKEL TERBARU