top of page
  • Vicharius DJ

Katalis Kehidupan Urban dalam Pameran AFAIR UI 2018


Setelah satu tahun hiatus, mahasiswa arsitektur dan arsitektur interior, berkolaborasi dengan Departemen Arsitektur Universitas Indonesia, kembali menyelenggarakan acara tahunan prestisius, AFAIR (Architecture Fair) UI 2018. Acara berlangsung di Gedung UI Art Center yang baru saja diresmikan.

Mengusung tema “Architecture as Catalyst”, AFAIR ketujuh kalinya ini bertujuan untuk mengekspos arsitektur yang dapat berperan sebagai stimulan; sebuah penggerak suatu perubahan positif yang memberikan dampak langsung maupun tidak langsung, baik dalam segi sosial maupun ekonomi, dalam skala individu,​ ​komunitas,​ ​maupun​ ​kota.

Ajang ini memamerkan karya terbaik dari mahasiswa yang bervariasi, dari karya studio desain sampai dengan respons isu-isu aktual dengan pendekatan berbasis urban. Melalui AFAIR 2018, Departemen Arsitektur UI ingin mengekspos kesempatan menyenangkan dari seorang arsitek untuk menggunakan keahlian mereka dan memahami konteks sekitar dalam menghasilkan solusi rancangan yang berdampak bagi sekitar. Selain display, mock-​up, instalasi, dan berbagai ragam visualisasi, AFAIR juga menunjukkan konten dalam sebuah rangkaian pameran yang mengusung tema utama tersebut.

Tidak hanya mengadakan pameran, AFAIR 2018 juga menyelenggarakan kompetisi desain bertema “Lost and Found” yang diikuti oleh peserta dari seluruh dunia. Lima finalis terbaik kemudian akan mempresentasikan idenya pada main event. Ada juga workshop arsitektural untuk siswa/i SMA-sederajat dan beberapa talkshow dengan pembicara terkemuka, di antaranya Gunawan Tjahjono, Budi Pradono, dan Boy Bhirawa. AFAIR merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur yang berkolaborasi dengan Departemen Arsitektur Universitas Indonesia. Ajang ini menjadi kesempatan untuk menunjukkan kompetensi mahasiswa dalam membuat rancangan merespons isu-isu hangat, yang kemudian akan diterjemahkan ke dalam bentuk komunikasi arsitektur kepada masyarakat, akademisi, dan kalangan profesional. 

Acara ini didukung oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta dan Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta yang juga akan bekerjasama dalam beberapa talkshow yang akan dilaksanakan. AFAIR pada tahun sebelumnya telah diadakan di beberapa lokasi, seperti Grand Indonesia, Cilandak Town Square, FX Sudirman, dan Galeri Nasional Indonesia, sebelum kembali ke Universitas Indonesia. 

0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page